Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei Capres 2024: Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi, Kalahkan Anies dan Prabowo

Elektabilitas Ganjar Pranowo di posisi pertama dengan 16,2 persen pada Juli 2020. Angka itu naik dari 11,8 persen pada Mei 2020,
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 21 Juli 2020  |  15:12 WIB
 Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melepas truk pengangkut untuk Pengiriman 41.250 masker ke Hongkong Taiwan dan Singapura, pada Senin (17/2/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melepas truk pengangkut untuk Pengiriman 41.250 masker ke Hongkong Taiwan dan Singapura, pada Senin (17/2/2020). - Bisnis/Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, JAKARTA - Elektablitas politik Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berada di urutan teratas untuk calon presiden.

Lembaga Survei Indikator Politik merilis 15 nama tokoh politik, apabila pemilihan presiden dilakukan saat ini.

Nama tersebut adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani Gatot Nurmantyo, Tito Karnavian, Erick Tohir, Mahfud MD, Airlangga Hartato, Budi Gunawan, dan Muhaimin Iskandar.

"Elektabilitas Ganjar Pranowo di posisi pertama dengan 16,2 persen pada Juli 2020. Angka itu naik dari 11,8 persen pada Mei 2020," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Selasa (21/7/2020).

Posisi kedua disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan eektabilitas15 persen. Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebesar 10,4 persen.

"Meski Pak Ganjar di posisi pertama, tidak jauh signifikan dibandingkan Anies Bawedan dan Prabowo Subianto," katanya.

Burhanuddin melanjutkan untuk posisi ketiga terdapat nama Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan.

Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 13,5 persen pada Juli, turun dari angka 14,1 persen pada Mei 2020.

Selanjutnya, di posisi keempat Sandiaga Uno dengan elektabilitas 9,2 persen pada Juli. Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan bulan Mei 2020 yang berada di 6 persen.

Posisi kelima, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebanyak 8,6 persen. Angka elektabilitas tersebut naik dari posisi 7,7 persen. Disusul  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 6,8 persen.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilpres anies baswedan ganjar pranowo prabowo subianto
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top