Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar Dari Rumah, Ini Strategi Sekolah PAUD Laksanakan PJJ

Belajar dari rumah untuk anak usia PAUD memiliki tantangan yang lebih berat dibandingkan untuk anak usia di atasnya.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  22:13 WIB
Ilustrasi - www.kejarpaket.com
Ilustrasi - www.kejarpaket.com

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, anak sekolah diminta untuk belajar dari rumah agar tetap aman, termasuk jenjang pendidikan anak usia dini atau PAUD.

Menurut Praktisi Pendidikan Charlotte Priatna mengajar anak usia dini menjadi tantangan terbesar, terutama saat harus belajar jarak jauh seperti sekarang ini.

"Anak sekolah SMP atau SMA bisa disuruh belajar sendiri, mengikuti jadwal kelas sendiri. Kalau anak PAUD, lihat laptop sebentar sambil main, hilang fokusnya," kata Charlotte, Senin (20/7/2020).

Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan sekolah PAUD untuk mengajarkan materi dan kurikulum kepada anak-anak di tengah masa sulit ini.

Pertama, kolaborasi antara guru muda dengan guru senior. 

"Banyak guru TK yang sudah senior, kalau diminta mengatur anak secara langsung sudah masalah mudah, tapi kalau harus buka aplikasi zoom, google meetings, apalah, ya susah, banyak yang gaptek [gagap teknologi]. Harus belajar dulu, maka perlu kolaborasi," ungkap Charlotte.

Dengan berkolaborasi menghasilkan hasil yang luar biasa. Guru muda mempersiapkan perangkatnya, guru senior mempersiapkan materinya, bahkan termasuk diri sendiri untuk jadi alat peraga.

Kedua, mengajarkan anak-anak mengenai karakter dasar melalui lagu-lagu. Menurut Charlotte cara ini lebih efektif dan nyaman kalau harus diulang-ulang oleh anak di luar jam sekolah bersama guru. 

Lagu-lagu bisa dibuat dengan lirik yang isinya cara pendisiplinan. Jangan sampai ketika di rumah, kedisiplinan yang dipelajari di sekolah menguap hilang begitu saja.

Lagu, kata Charlotte, juga mendorong anak melakukan hal yang sesuai dengan lirik lagunya.

"Untuk itu, orang tua juga harus memberikan pendampingan. Karena kebiasaan di rumah masing-masing berbeda," imbuhnya.

Agar bisa memberikan pendampingan, ketiga, guru harus terlebih dahulu memberikan pendidikan kepada orang tua.

"Sebelum mengajarkan anak materi dari sekolah, ajarkan dulu cara berkomunikasi misalnya kalau berbicara harus menatap anak, saling berhadapan. Menyahut apabila dipanggil. Kami berikan penjelasan kenapa anak harus ikuti. Seperti ini orang tua harus taat supaya bisa diikuti anak-anak, karena anak di masa ini adalah peniru ulung," ujar dia.

Keempat, setelah mendapatkan pendidikan dasar dari guru, sekolah akan memberikan proyek atau tugas kepada orang tua untuk memandirikan anak. 

Orang tua akan diminta membuat video untuk menunjukkan siswa PAUD sudah melakukan hal-hal yang ditugaskan.

"Ini sederhana tapi efektif, karena pendidikan karakter itu sifatnya menular. Kalau orang tua mengajarkan dengan baik dan benar hasilnya kepada anak juga akan baik," kata Charlotte 

Agar proses dan progres belajar mengajar anak PAUD berjalan lancar saat PJJ, guru juga diimbau agar bisa terus-menerus berkomunikasi dengan orangtua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Anak-anak Paud belajar di rumah
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top