Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Teknik dan Cara Belajar Efektif yang Bisa Kamu Terapkan di Rumah

Cara belajar efektif ini bisa kamu coba sendiri atau dengan temanmu.
cara belajar efektif - freepik
cara belajar efektif - freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa cara belajar efektif yang bisa kamu lakukan dirumah, seperti membuat pertemuan belajar online atau belajar melalui web Pendidikan. Akan tetapi, ada beberapa hal atau kegiatan yang bisa mengganggu proses belajar. 

Misalnya saja menunda dan bermalas-malasan, terlalu banyak bermain HP, lebih memilih pergi bermain dan masih banyak lagi. Padahal nyatanya menunda belajar justru akan membuat seseorang kesulitan dalam mencapai tujuannya. 

Berikut ini Cara Belajar Efektif

1. Menentukan Tujuan atau Capaian Belajar

Cara ini termasuk ke dalam cara yang efektif ketika belajar karena dengan cara ini kamu akan mendapatkan motivasi belajar. Motivasi belajar itu sangat penting terhadap setiap pencapaian. Maka dari itu, untuk menjadikan belajarmu efektif, dibutuhkan sebuah target agar kamu memiliki motivasi untuk mencapai target tersebut dan terus belajar.

2. Belajar di Tempat yang Nyaman 

Tempat juga mempengaruhi kemampuan belajar seseorang. Tempat yang nyaman akan mempengaruhi mood seseorang. Ketika tempat tersebut sangat nyaman secara otomatis otak kamu menerimanya dengan baik, proses belajar pun berjalan secara lancar. Begitupun sebaliknya, jika tempat yang kamu gunakan untuk belajar kurang nyaman, otak akan menolak segala informasi yang masuk.

3. Menentukan Waktu yang Pas untuk Belajar

Luangkanlah setidaknya 10-20 menit dalam sehari untuk belajar, tidak apa-apa jika hanya sedikit yang dapat dipelajari. Hal tersebut lebih baik dilakukan dibandingkan dengan metode kebut semalam. Tetapi harap diingat, jangan lupa untuk mengistirahatkan otak juga ya ketika belajar, karena pada dasarnya suatu yang dipaksakan tidak akan menghasilkan sesuatu.

4. Mengerjakan Latihan Soal 

Setelah kamu mempelajari teori-teori dari sebuah pembelajaran, kamu harus melakukan latihan soal agar kamu mengetahui seberapa paham kamu terhadap materi tersebut.

Selain untuk mengetahui pemahaman kamu terhadap materi pembelajaran, dengan mengerjakan latihan soal kamu juga bisa mengingat kembali dan mengetahui poin-poin mana sajakah yang belum kamu mengerti. Jadi, kamu bisa mempelajarinya lagi setelah latihan soal dilakukan.

5. Membuat Rangkuman Pembelajaran 

Kamu bisa menulis materi-materi yang sudah kamu pelajari, akan lebih baik jika kamu menuliskannya dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri. Dengan membuat rangkuman pembelajaran, secara tidak sadar kamu juga akan mengulang dan mengingat kembali materi yang sudah kamu pelajari.

Semakin sering kamu mengulang materi pembelajaran, akan semakin baik juga pemahaman kamu terhadap materi tersebut.

Teknik Belajar Efektif

1. Teknik Feynmen

Teknik ini bisa kamu terapkan dengan menyusun catatan. Bukan sekadar catatan biasa. Namun, kamu perlu menuliskan catatan tersebut dengan cara penyampaian sederhana dan mudah dipahami. Sebagai tambahan, anggaplah bahwa catatan itu kamu buat dengan tujuan untuk dibaca orang lain.

2. Teknik Podomoro 

Jika kamu adalah tipe orang yang sering mengalami kesulitan dalam memfokuskan pikiran saat belajar, metode podomoro adalah pilihan teknik belajar yang tepat. Teknik ini bisa kamu terapkan dengan mengatur waktu belajar dalam interval tertentu. Selanjutnya, kamu dapat menyisihkan waktu istirahat di sela-sela aktivitas belajar. 

3. Mind Mapping 

Teknik ini dapat kamu lakukan dengan memetakan pikiran secara visual. Praktik penerapan mind mapping dalam proses belajar tidak sulit. 

4. Belajar sebelum tidur 

Pastikan kalau kamu mempraktikkan metode belajar tersebut sebelum waktu tidur. Fakta menarik, tidur dapat membantu kamu memproses materi yang sebelumnya telah dipelajari. 

Hal tersebut bisa kamu rasakan karena tidur membantu proses penstabilan memori dan sekaligus menggabungkannya ke dalam jaringan memori jangka panjang. Dengan begitu, tidak mengherankan kalau kamu bisa mengingat materi dengan lebih mudah ketika mempelajarinya sebelum tidur.

5. Sistem Leitner

Ada juga teknik belajar efektif yang diciptakan oleh ilmuwan asal Jerman bernama Sebastian Leitner, dikenal sebagai Sistem Leitner. Metode belajar ini dapat kamu terapkan untuk memahami materi dengan tingkat kesulitan tinggi. 

Itulah beberapa cara belajar efektif yang mungkin bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper