Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ungkap Motif Pembuat Surat Jalan Djoko Tjandra, Libatkan BIN

Polri dinilai perlu melibatkan Badan Intelijen Negara demi mengungkap alasan dibuatnya surat jalan untuk Djoko Tjandra.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 15 Juli 2020  |  17:59 WIB
Data Djoko Tjandra di interpol - interpol.go.id
Data Djoko Tjandra di interpol - interpol.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Polri mengakui surat jalan yang memuluskan pergerakan buronan Djoko Tjandra dikeluarkan oleh instansi tersebut. Pengamat menilai perlu pendalaman lebih jauh untuk mengungkap motif pelaku membuat surat jalan tersebut.

Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta mengatakan Polri harus mengungkap motif keterlibatan personel kepolisian yang mengeluarkan surat jalan untuk buronan tersebut.

"Perlu diungkap juga motif dan sejauh mana keterlibatan pemberi surat," kata Stanislaus kepada Bisnis, Rabu (15/7/2020).

Polri mengakui bahwa surat jalan untuk Djoko Tjandra dikeluarkan oleh Brigjen Pol Prasetijo Utomo. Dia sebelumnya menjabat sebagai Kakorwas PPNS Bareskrim Polri.

Setelah terbukti mengeluarkan surat sakti tersebut, jabatan Brigjen Prasetijo langsung dicopot. Dia ditugaskan sebagai pejabat tinggi bidang pelayanan markas (Pati Yanma) Polri.

Hingga kini Polri belum mengungkapkan motif yang dilakukan oleh pejabat bintang satu itu. Menurut Stanislaus, perlu kerja sama antarlembaga untuk mengungkap alasan pejabat Polri itu mengeluarkan surat jalan.

Harus ada kerja sama antarlembaga, Kejaksaan Agung, Polri dan jika perlu melibatkan BIN. Hal ini untuk memastikan siapa saja yang terlibat dalam pelarian Djoko Tjandra," tutur Stanislaus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kasus Djoko Tjandra
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top