Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Bilang AS di Luar Kendali, Survei: Joe Biden Ungguli Trump

Mayoritas warga Amerika Serikat ternyata masih khawatir soal persebaran penyakit virus corona (Covid-19) dan berpandangan negatif pada kemampuan Presiden Donald Trump untuk menyatukan negara ini.
Stiker kampanye pasangan Donald Trump-Mike Pence untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020 ditempel di sebuah mobil di Milwaukee, Wisconsin, AS, Kamis (2/4/2020)./Bloomberg-Thomas Werner
Stiker kampanye pasangan Donald Trump-Mike Pence untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020 ditempel di sebuah mobil di Milwaukee, Wisconsin, AS, Kamis (2/4/2020)./Bloomberg-Thomas Werner

Bisnis.com, JAKARTA – Mayoritas warga Amerika Serikat ternyata masih khawatir soal persebaran penyakit virus Corona (Covid-19) dan berpandangan negatif pada kemampuan Presiden Donald Trump untuk menyatukan negara ini.

Tidak hanya itu, survei terbaru oleh NBC-Wall Street Journal mengungkapkan banyak yang merasa pesimistis tentang kembali normalnya ekonomi tahun ini.

Sebanyak 8 dari 10 responden meyakini bahwa kondisi di AS tidak lagi terkendali. Hanya 15 persen dari responden mengatakan AS 'terkendali', seperti dilansir melalui Bloomberg, Senin (8/6/2020).

Survei tersebut dilakukan pada 28 Mei hingga 2 Juni, ketika aksi protes atas kematian seorang warga kulit hitam bernama George Floyd di Minnesota meluas.

Namun, laporan pekerjaan bulanan untuk Mei yang dirilis pada Jumat (5/6/2020) dengan hasil lebih kuat dari perkiraan mungkin bisa mengubah pandangan itu.

Survei ini juga dilakukan ketika angka kematian Covid-19 di AS menembus 100.000 dan terus meningkat. Per Minggu (7/6/2020), jumlah kasus Covid-19 di Negeri Paman Sam telah menembus 2 juta, dengan lebih dari 110.000 orang di antaranya meninggal dunia.

Secara gabungan, sekitar 63 persen responden mengatakan mereka sangat atau agak khawatir bahwa diri mereka atau seseorang dalam keluarga mereka dapat terjangkit Covid-19.

Angka itu lebih rendah dari 73 persen pada bulan April. Sebagian besar penurunan ini datang dari responden yang diidentifikasi sebagai pendukung Partai Republik.

Di sisi lain, sekitar 46 persen responden menggambarkan kondisi ekonomi saat ini 'buruk', persentase tertinggi sejak September 2012 untuk pertanyaan itu.

Sekitar sepertiga, yakni 31 persen, mengatakan kondisi ekonomi 'sedang-sedang saja', sedangkan 17 persen mengatakan ekonomi dalam keadaan baik dan 5 persen menyebutnya sangat baik.

Kemudian, 35 persen berpendapat virus Corona akan dapat dibendung di AS, ke titik ekonomi dapat kembali normal, pada tahun berikutnya. Angka ini lebih tinggi dari 26 persen dalam jajak pendapat yang dilakukan pada April.

Sebanyak 22 persen mengatakan kondisi itu akan tercapai beberapa bulan ke depan, turun dari 45 persen, dan 17 persen mengatakan akan memakan waktu lebih dari setahun atau naik dari 6 persen dua bulan lalu.

Hampir dua per tiga responden, yakni 66 persen, mengatakan akan merasa tidak nyaman terbang dalam pesawat untuk saat ini atau menghadiri pertemuan umum yang dihadiri oleh banyak orang. Selain itu, 54 persen mengatakan akan merasa tidak nyaman makan di restoran.

Survei NBC-Wall Street Journal juga menunjukkan besarnya dukungan untuk kandidat Presiden AS dari Demokrat, Joe Biden. Secara nasional, Biden unggul dari Trump dengan selisih 7 poin, yakni 49 persen terhadap 42 persen, atau tidak berubah dari April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper