Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UTBK-SBMPTN 2020: 127.181 Siswa Selesaikan Pendaftaran, Simak Jadwal Pentingnya

UTBK-SBMPTN 2020 hanya menjalankan satu tes yakni Tes Potensi Skolastik (TPS).
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mencatat pendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 telah mencapai 288.209 orang pada hari pertama.

Dalam laman instagramnya, @ltmptofficial, Kamis (4/6/2020), siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran hingga fase cetak kartu mencapai 127.181 orang.

Tercatat peserta reguler yang sudah menyelesaikan pendaftaran yakni sebanyak 86.949 orang. Sedangkan jumlah peserta KIP Kuliah yang menyelesaikan pendaftaran sebanyak 40.232 orang.

"Yuk segera selesaikan pendaftarannya. Jangan lupa pastikan juga semua data yang diisi sudah benar ya," ulasnya.

Sementara itu dalam laman LTMPT, disebutkan akibat Pandemi Covid-19 maka tes UTBK-SBMPTN 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

Tes Potensi Skolastik (TPS) adalah tes yang mengukur kemampuan kognitif kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi tes penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Siswa yang ikut dalam UTBK-SBMPTN 2020 hanya diperkenankan ikut untuk dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

Biaya UTBK-SBMPTN 2020 yakni sebesar Rp. 150.000.  Sedangkan channel pembayaran melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

 Jadwal penting dalam dalam UTBK-SBMPTN 2020

  1. Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020: 02 Juni – 20 Juni 2020
  2. Pelaksanaan UTBK: 05 – 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jum'at 2 sesi)
  3. Pengumuman Hasil UTBK-SBMPTN: 25 Juli 2020

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper