Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendaftaran SBMPN 2020 Dibuka, Simak Informasi Penting Berikut

Pada masa pandemi ini SBMPN 2020 dilaksanakan melalui seleksi portofolio.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  07:24 WIB
Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia (SBMPN) 2020. - www.sbmpn.politeknik.or.id
Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri se-Indonesia (SBMPN) 2020. - www.sbmpn.politeknik.or.id

Bisnis.com, JAKARTA -  Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) adalah jalur seleksi bersama masuk politeknik negeri. Jalur ini merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya politeknik dan politeknik negeri di seluruh wilayah Indonesia.

Dikutip dari keterangan Kemdikbud, Selasa (19/5/2020), pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) dan Kejar Paket C (lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020).

Pada masa pandemi ini SBMPN 2020 dilaksanakan melalui seleksi portofolio.

Siapa saja yang bisa ikut?

Seleksi bisa diikuti oleh lulusan SMA, SMK, MA, dan Kejar Paket C (lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020)

Jalur SBMPN tetap akan mengakomodir calon peserta/siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

Mengapa Masuk SBMPN?

Pada SBMPN ini ditawarkan prodi Sarjana Terapan (D4) dan prodi D3. Untuk Sarjana Terapan, yang se-level S1, menerapkan komposisi pembelajaran minimal 60 persen praktik, dan 40 persen teori, sama dengan prodi D3.

Oleh karena itu, calon mahasiswa harus bisa menentukan passion, apakah condong ke praktikal dan penerapan ilmu pengetahuan, atau condong ke analisis dan pengembangan ilmu pengetahuan?

Sebagian besar lulusan vokasi akan terjun dan mewarnai dunia kerja secara signifikan, dan sebagian lain yang menginginkan studi lanjut, maka bisa melanjutkan ke Magister (S2) Terapan yang sudah mulai banyak dibuka di Indonesia, dan bisa juga melanjutkan di kampus-kampus ternama di luar negeri. Kelak bisa juga melanjutkan ke jenjang Doktor (S3) Terapan.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan,  Nadiem Makariem mengatakan bahwa dunia pendidikan harus benar-benar "menikah" dengan industri dan dunia kerja.

Artinya, pendidikan vokasi, termasuk juga pendidikan tinggi vokasi, harus terus melakukan inovasi dan terobosan untuk terus berkolaborasi, serta mengoptimalkan link and match dengan industri dan dunia kerja. Target utamanya adalah SDM unggul dan berkompeten.

Sekilas SBMPN

Pada tahun 2014, Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) menetapkan pola penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur ujian mandiri politeknik negeri (UMPN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara online.

Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta jalur penerimaan ini meningkat. Hingga tahun 2019 tercatat sejumlah 42 politeknik yang mengikuti seleksi ini.

Tahun 2020 ini, istilah UMPN berganti nama menjadi Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN). Meski terdapat perubahan penamaan, namun mekanisme dan proses seleksi jalur ini masih sama seperti UMPN dan diikuti pula oleh 42 politeknik negeri se-Indonesia.

Bagaimana caranya?

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran.

Selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara online. Selain mengakses laman https://sbmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri terdekat  yang tergabung dalam SBMPN ini. Berikut terlampir daftar Politeknik Negeri yang tergabung dalam SBMPN.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vokasi politeknik
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top