Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Blusukan Tinjau Distribusi Sembako di Jakarta Pusat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). Presiden hendak memantau secara langsung distribusi penyaluran sembako kepada masyarakat.
Presiden Joko Widodo/Instagram@jokowi
Presiden Joko Widodo/Instagram@jokowi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Johar Baru, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). Presiden hendak memantau secara langsung distribusi penyaluran sembako kepada masyarakat.

"Pagi ini saya ingin memastikan penyaluran sembako, khususnya di Jabodetabek dan tadi saya melihat masyarakat sudah menerima bantuan kesatu sudah menerima, kedua sudah menerima, kemarin serta hari ini bantuan ketiga sudah diterima," kata Jokowi usai mengunjungi kantor sekretariat RW 07/I kelurahan Johar Baru, Jakarta.

Dalam blusukan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Menteri Sosial Juliari Batubara. Rombongan sudah tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB.

Penyaluran bansos tersebut dilakukan pemerintah untuk membatu warga terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). Menurut Presiden, bansos di tengah situasi pandemi, bukan hanya untuk membantu masyarakat.

Jokowi mencatat pengeluaran pemerintah menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2020. Hal ini diikuiti dengan perlambatan konsumsi rumah tangga dan koreksi negatif pada lembaga non-profit yang melayani rumah tangga (LNPRT).

Oleh karena itu, percepatan penyaluran bansos menjadi kunci. Hal ini akan menjaga daya beli masyarakat di tengah tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Adapun sebelumnya Presiden meninjau penyerahan bantuan sosial tunai di Kantor Pos kota Bogor, Jawa Barat, guna memastikan pembagian bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 berlangsung efisien dan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Saya lihat tadi semuanya berjalan dengan baik, antrean bagus, dengan jaga jarak yang baik, semua pakai masker, dan sebelum uangnya diberi pun juga tangan dibersihkan dengan hand sanitizer. Protokol-protokol seperti itu yang harus kita jalankan," katanya usai memantau pembagian bansos tunai di kawasan Juanda, kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper