Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Cek Fakta : Covid-19 di Indonesia Diprediksi Mulai Berakhir Awal Juni 2020

Menurut data analisis mereka, pada 6 Juni 2020, Covid-19 akan berkurang hingga 97 persen di Indonesia sebelum akhirnya berakhir.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 April 2020  |  07:02 WIB
Siklus pergerakan covid/19 di Indonesia
Siklus pergerakan covid/19 di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan di Universitas Teknologi dan Desain Singapura memprediksi wabah Covid-19 di Indonesia akan mulai berakhir pada awal Juni 2020.

Menurut data analisis mereka, pada 6 Juni 2020, Covid-19 akan berkurang hingga 97 persen di Indonesia sebelum akhirnya berakhir.

Sedangkan titik 99 persen berdasarkan kurva yang mereka tampilkan akan terjadi pada 23 Juni 2020 dan kemungkinan berakhir 100 persen pada 8 Juli 2020.

Selain Indonesia, negara lainnya yang juga diprediksi akan mengakhiri wabah corona itu yakni Kuwait pada 5 Juni 2020 dan Pakistan pada 8 Juni 2020.

Sementara itu, negara-negara terinfeksi lainnya diperkirakan akan mengakhiri wabah pada Mei 2020.

Prediksi itu, menurut keterangan laman resmi SUTD menyebutkan dilakukan atas dasar modèl SIR (susceptible-recover-recovered) diregresikan dengan data dari berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi.

Selain itu juga memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara dan dunia, dengan kode dari Milan Batista dan data dari Our World in Data.

Teori dan metodologi dijelaskan dalam "Luo, Jianxi (2020) Kapan COVID-19 Berakhir? Prediksi Berbasis Data."

Web tersebut mencantumkan prediksi untuk 28 negara. Taksiran diperbarui setiap hari dengan data terbaru.

Namun mereka juga menyatakan konten dari situs web ini hanya untuk tujuan pendidikan dan penelitian dan mungkin mengandung kesalahan.

Menurut data Wikipedia, Universitas Teknologi dan Desain Singapura ( SUTD ) adalah universitas otonom keempat di Singapura.

Presiden pendirinya adalah Thomas L. Magnanti , yang adalah seorang profesor yang terkait dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT). 

SUTD dan Universitas Zhejiang (ZJU) juga bersama-sama mengambil bagian dalam kolaborasi penelitian untuk mengatasi tantangan yang terkait dengan dunia saat ini, di berbagai bidang seperti perawatan kesehatan, transportasi, energi bersih, dan lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona wabah caorona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top