Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dibayangi Corona, Ekonomi Jerman Berpotensi Susut 6,3 Persen

Angka infeksi virus corona di Jerman telah menyusut secara signifikan, tetapi pelonggaran kebijakan lockdown beberapa hari terakhir belum memperlihatkan hasil.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 27 April 2020  |  19:50 WIB
Seorang lelaki mengenakan masker berjalan melewati papan petunjuk yang memandu orang ke pintu masuk stasiun penguji korona di sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman. - Bloomberg
Seorang lelaki mengenakan masker berjalan melewati papan petunjuk yang memandu orang ke pintu masuk stasiun penguji korona di sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- Jerman diperkirakan akan menghadapi dampak virus corona yang dapat mengarah pada kontraksi ekonomi terburuk di era pasca-perang.

Dilansir melalui Bloomberg, seorang sumber yang tidak disebutkan namanya menyampaikan produk domestik bruto untuk ekonomi terbesar di Eropa diperkirakan menyusut sebesar 6,3 persen pada 2020.

Perkiraan ini dirilis sebelum proyeksi resmi akan disampaikan oleh pemerintah Jerman pada Rabu (29/4/2020).

Pada kesempatan lain, Menteri Ekonomi Jerman Peter Altmaier mengatakan bahwa angka infeksi virus corona di Jerman telah menyusut secara signifikan, tetapi pelonggaran dari kebijakan lockdown beberapa hari terakhir belum memperlihatkan hasil.

"Dengan demikian, saya merekonmendasikan agar langkah selanjutnya dilakukan dengan hati-hati agar kami tidak perlu lagi memberlakukan pembatasan," ujar Altmaier seperti dikutip melalui Bloomberg, Senin (27/4/2020).

Ekonomi Jerman lumpuh di tengah kebijakan lockdown untuk menekan penyebaran pandemi yang memaksa pabrik, pertokoan, transportasi dan sekolah ditutup di seluruh benua. Hampir seluruh perusahaan kelas tiga di Jerman mengajukan bantuan upah kepada pemerintah.

Negara tersebut kini sedang bergulat dengan upaya untuk melonggarkan pembatasan pada ekonomi, tetapi mendesak kehati-hatian atas kekhawatiran bahwa gelombang wabah penyakit yang baru dapat memperburuk krisis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jerman Virus Corona EKONOMI JERMAN
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top