Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bolehkah Imunisasi Anak Dilakukan pada Masa Pandemi Covid-19?

Imunisasi dasar lengkap untuk bayi berusia nol sampai satu tahun dalam program pemerintah meliputi imunisasi BCG, DPT, polio, campak, dan Hib.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 April 2020  |  08:00 WIB
Imunisasi DT/TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. - Solopos/Burhan Aris Nugraha
Imunisasi DT/TT untuk memberikan kekebalan anak terhadap penyakit difteri dan tetanus. - Solopos/Burhan Aris Nugraha

Bisnis,com, JAKARTA — Ikatan Dokter Anak Indonesia menyatakan bahwa imunisasi pada anak tetap dapat dilakukan pada masa pandemi Covid-19.

"Kasus Covid-19 diperkirakan terus meningkat hingga Juli 2020. Pelaksanaan imunisasi tetap perlu dilakukan dalam masa pandemi ini," kata Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota Pengurus Pusat IDAI Hartono Gunardi melalui siaran pers, Sabtu (25/4/2020).

Menurut anggota Satuan Tugas Imunisasi IDAI Ismoedijanto, imunisasi lengkap bagi anak sesuai denngan rekomendasi IDAI dan Kementerian Kesehatan harus tetap dilakukan untuk mencegah peningkatan risiko tertular Covid-19.

"Yang perlu diprioritaskan adalah anak berusia di bawah 18 bulan. Di wilayah penularan luas Covid-19, apabila tidak memungkinkan diberi imunisasi, dapat ditunda hingga sebulan," katanya.

Ketua Satuan Tugas Imunisasi IDAI Cissy B. Kartasasmita menjelaskan bahwa bila pelayanan imunisasi tidak memungkinkan dilakukan, pelaksanaannya dapat diundur. "Dan direncanakan imunisasi kejar sesegera mungkin."

Imunisasi dasar lengkap untuk bayi berusia nol sampai 1 tahun dalam program pemerintah meliputi imunisasi BCG, DPT, polio, campak, dan Hib. Selain itu, IDAI merekomendasikan pemberian vaksin untuk mencegah pneumonia pada anak.

IDAI berharap agar tenaga kesehatan, orang tua, dan masyarakat memahami arti penting imunisasi sesuai dengan usia anak untuk melindungi anak dari berbagai penyakit yang berisiko menimbulkan kecacatan dan kematian.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imunisasi Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top