Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakar Pendidikan Apresiasi Progam Belajar dari Rumah di TVRI

Selain itu, ia juga mengatakan, program tersebut dapat mengurangi beban masyarakat ihwal ketersediaan kuota internet atau pulsa untuk menunjang pembelajaran daring.
Pogram Belajar dari Rumah digelar Kemendikbud di saat pandemi Covid-19./Istimewa
Pogram Belajar dari Rumah digelar Kemendikbud di saat pandemi Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Praktisi sekaligus pakar pendidikan Itje Chodijah mengapresiasi langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan program belajar dari rumah lewat TVRI. Itje mengatakan hal itu dapat memberi gairah belajar kepada siswa di tengah wabah Covid-19.

“Itu langkah yang baik karena TVRI bisa dijangkau hampir di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Itje melalui sambungan telepon kepada Bisnis, Jakarta, pada Selasa (14/4/2020).

Kendati demikian, ia mengatakan, sekolah mesti beradaptasi cepat untuk menemani siswa selama proses belajar jarak jauh berlangsung. Menurutnya, sekolah mesti memastikan interaksi di antara siswa dan guru tetap terjalin selama proses belajar jarak jauh.

“Ini masih menuntut keterampilan guru untuk memancing interaksi yang tidak tersedia di TVRI,”ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, program tersebut dapat mengurangi beban masyarakat ihwal ketersediaan kuota internet atau pulsa untuk menunjang pembelajaran daring. “Dengan biaya pembelajaran yang ditanggung oleh TVRI, bukan oleh masyarakat,” kata dia.

TVRI memulai siaran pendidikan dari tingkat PAUD-SMA untuk mengisi jadwal siswa belajar di rumah akibat imbas wabah virus corona.

Jadwal tayangan pendidikan belajar dari rumah TVRI akan dilakukan pada Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Selain diakses melalui layar kaya, siaran pendidikan dari TVRI ini dapat diakses melalui siaran live streaming. Terdapat sejumlah jalur yang dapat diakses untuk live streaming TVRI yakni melalui:

Live Streaming TVRI melalui UseeTV : https://www.useetv.com/livetv/tvri

Melalui situs streaming TVRI di alamat : http://tvri.go.id/live

Melalui Vidio :  https://www.vidio.com/live/6441-tvri-tv-stream 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama TVRI, Supriyono sebelumnya di graha BNPB menjelaskan program tersebut akan menyiarkan banyak materi pembelajaran khusus bagi siswa SD, SMP, SMA, pembelajaran umum serta parenting.

“Dengan program materi belajar untuk SD, SMP, SMA, pembelajaran umum, serta parenting,” jelas Supriyono.

Konten yang diberikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup peserta didik yang disampaikan secara ringan dan menghibur. Selain itu, badan penyiaran publik ini juga menyiapkan film untuk anak serta film Indonesia pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper