Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belajar di Rumah TVRI Dinilai Tidak Interaktif

Pakai pendidikan menilai materi yang diberikan TVRI sebaiknya yang kekinian atau relevan dengan kehidupan anak-anak.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 14 April 2020  |  09:06 WIB
Gedung Televisi Republik Indonesia (TVRI). Bisnis - Himawan L Nugraha
Gedung Televisi Republik Indonesia (TVRI). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Praktisi sekaligus pakar pendidikan Itje Chodijah menilai program belajar di rumah TVRI selama wabah Covid-19 bagi siswa PAUD sampai dengan SMA belum optimal.

Itje beralasan alternatif program itu tidak interaktif dan mengeliminasi komunikasi di antara siswa dan guru.

“Di satu sisi, sekolah mesti menyesuaikan diri utuk menindaklanjuti berkomunikasi dengan anak-anak,” kata Itje melalui sambungan telepon kepada Bisnis.com, Jakarta, pada Selasa (14/4/2020).

Ihwal program itu, dia menggarisbawahi sekolah masih perlu beradaptasi cepat untuk memastikan interaksi guru dan siswa dapat tetap berjalan selama belajar jarak jauh tersebut. Dengan demikian, menurutnya, hal itu masih menuntut keterampilan guru untuk memancing interaksi yang tidak tersedia di TVRI.

Selain itu, dia membeberkan penyampaian materi juga turut menjadi permasalahan tersendiri terkait program belajar jarak jauh dari TVRI. Mengingat, ia mengimbuhkan, kebutuhan anak-anak di lapangan begitu kompleks. Dengan demikian, dia menilai materi yang diberikan sebaiknya yang kekinian atau relevan dengan kehidupan anak-anak.

“Saya kira materi perlu diupdate, mungkin TVRI bisa bekerja sama dengan berbagai penyedia pembelajaran daring,” tuturnya.

TVRI memulai siaran pendidikan dari tingkat PAUD-SMA untuk mengisi jadwal siswa belajar di rumah akibat imbas wabah virus Corona. Jadwal tayangan pendidikan belajar dari rumah TVRI akan dilakukan pada Senin hingga Jumat, pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Selain diakses melalui layar kaya, siaran pendidikan dari TVRI ini dapat diakses melalui siaran live streaming. Terdapat sejumlah jalur yang dapat diakses untuk live streaming TVRI yakni melalui:

- Live Streaming TVRI melalui UseeTV : https://www.useetv.com/livetv/tvri

- Melalui situs streaming TVRI di alamat : http://tvri.go.id/live

- Melalui Vidio :  https://www.vidio.com/live/6441-tvri-tv-stream 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama TVRI, Supriyono sebelumnya di graha BNPB menjelaskan program tersebut akan menyiarkan banyak materi pembelajaran khusus bagi siswa SD, SMP, SMA, pembelajaran umum serta parenting.

“Dengan program materi belajar untuk SD, SMP, SMA, pembelajaran umum, serta parenting,” jelas Supriyono.

Konten yang diberikan akan fokus pada peningkatan literasi, numerasi, penumbuhan karakter, dan kecakapan hidup peserta didik yang disampaikan secara ringan dan menghibur. Selain itu, badan penyiaran publik ini juga menyiapkan film untuk anak serta film Indonesia pada malam hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tvri pembelajaran online
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top