Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah Ajak Hotel Sediakan Akomodasi Tenaga Medis Corona, Ini Syaratnya

Syarat pertama hotel berada di sekitar Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  15:12 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka peluang bagi para pengusa hotel alias hotelier untuk ikut menyediakan tempat istirahat bagi tenaga medis dan gugus tugas Covid-19.

Menparekraf Wishnutama mengatakan pihaknya bakal membayar hotel yang ikut menyediakan tempat istirahat dengan harga di bawah harga pasar. Dalam kerja sama ini, lanjut dia terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh hotelier.

“Tentunya, kerja sama ini terbuka bagi jaringan hotel lain yang dapat memenuhi prosedur yang harus dipenuhi,” kata WIshnutama di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Syarat pertama hotel berada di sekitar Rumah Sakit rujukan penanganan Covid-19. Pihak hotel juga tidak boleh tercatat pernah melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya pada saat situasi pandemi virus corona (Covid-19) masih berlangsung.

Selanjutnya, hotel yang dipilih harus bisa mengikuti standar operasional prosedur pelayanan tamu sesuai yang ditetapkan Kementerian Kesahatan dalam penanganan Covid-19. Beberapa di antaranya, lanjut Wishnutama adalah penyemprotan desinfektan rutin di pintu hotel dan kegiatan sanitasi.

“Pengaturan physical distancing, penggunaan lift, meminimalisir interaksi pelayanan secara langsung dan yang lain yang direkomendasi kemenkes. Seluruh tenaga medis dan karyawan hotel akan melakukan antisipasi seperti cek suhu badan, pemakaian alat pelindung diri dan semprotan disinfektan,” kata Wishnutama.

Dia mengatakan kerja sama juga bertujuan untuk membantu industri pariwisata dan transportasi di tengah pandemi Covid-19. “Kami mengimbau semua industri bisa membantu menjaga dalam menghentikan penyebaran corona. Mari kita sama-sama jaga Indonesia dari Covid-19,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel kemenparekraf Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top