Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ketua IAI Ahmad Djuhara Meninggal Dunia

Ahmad Djuhara memiliki sejarah panjang di dunia arsitek Indonesia. Sedang di dunia akademis, namanya sempat menjadi dosen tamu di ITB.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  18:06 WIB
Ahmad Djuhara tengah menerangkan konsep arsitektur. (Potongan YouTube UPH)
Ahmad Djuhara tengah menerangkan konsep arsitektur. (Potongan YouTube UPH)

Bisnis.com, JAKARTA — Mantan Kepala Bekraf Triawan Munaf mengabarkan berita duka kepada insan kreatif di tanah air. Melalui unggahan di akun instagram miiknya, @triawanmunaf, ia menyampaikan duka atas meninggalnya Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) 2018-2021, Ahmad Djuhara.

“Selamat jalan, Kang Dju..” Tulis Triawan dalam unggahannya, pada Jumat (27/3/2020) sore.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Bandung (ITB), Djuhara sempat memberikan kuliah tamu mata kuliah Etika Profesi bagi mahasiswa Magister Arsitektur ITB dan terbuka untuk seluruh mahasiswa pada tanggal 3 Maret 2017.

Dalam paparannya, Ahmad Djuhara mengetengahkan topik Pratik Arsitek dan Indonesia yang menjelaskan kembali nilai-nilai luruh dan prinsip yang harus dipegang oleh seorang arsitek sesuai dengan jiwa dan semangat ketika Ikatan Arsitek Indonesia didirikan tahun 1959.

Selain itu, Djuhara juga menyinggung tentang Undang-Undang Arsitek yang akan mensyaratkan pendidikan arsitektur minimal lima tahun.

Dalam kesempatan itu pula, profesi arsitek di Indonesia sebagai salah satu profesi yang mendukung pembangunan, ternyata rasionya masih jauh dari jumlah ideal, yakni 1: 40.000. Hal ini mengingat luasnya wilayah Indonesia dan cakupan tanggung jawab profesi arsitek yang terkait dengan perencanaan bangunan, kawasan dan berhubungan dengan berbagai agen pembangunan.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada informasi terkait dengan penyebab kematian dari ketua IAI ini.

“Selamat jalan, Kang Dju..”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ikatan arsitek indonesia
Editor : Andya Dhyaksa
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top