Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satu Pasien Balita Positif Virus Corona di Yogyakarta Dinyatakan Sembuh

Balita itu pun diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit. Selain itu, kedua orang tuanya juga dinyatakan negatif dan boleh pulang. Satu keluarga ini diketahui sempat ke Depok, Jawa Barat, sebelum terpapar virus Corona.
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com
Tugu Yogyakarta/webtempatwisata.com

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih, menyatakan anak berusia 3 tahun 8 bulan, pasien positif terjangkit virus Corona (Covid-19) pertama di Yogyakarta sudah sembuh dan diperbolehkan pulang sejak kemarin, Kamis (19/3/2020).

"Kabar gembira hari ini. Kasus 1 (balita) telah dinyatakan negatif dua kali, kondisinya sehat dan telah diperbolehkan pulang rumah sakit," ujar Berty Jumat (20/3).

Bocah asal Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta itu sebelumnya dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito pada Senin (9/3) lalu, dan diketahui positif terpapar virus Corona empat hari kemudian. Balita yang diisolasi bersama kedua orang tuanya itu sebelumnya pernah berpergian ke Depok Jawa Barat.

Kedua orang tua balita itu pun dinyatakan negatif dari Corona, sehingga juga diizinkan pulang oleh rumah sakit. Namun mereka tetap dipantau. "Isolasi mandiri dalam pengawasan rumah sakit rujukan, seperti kalau misalnya ada hal yang perlu ditanyakan diminta menghubungi rumah sakit kembali," ujarnya.

Untuk pasien yang telah sembuh ini, Berty mengatakan juga diberikan edukasi tentang hidup sehat untuk memperkuat imunitas tubuh. "Tetap mengikuti himbauan pemerintah membatasi diri berkumpul dan keluar rumah," ujar Berty.

Sembuhnya balita ini mengurangi pasien yang positif terjangkit virus Corona di Yogyakarta yang sebelumnya pada Kamis, 19 Maret 2020 jumlahnya tercatat ada empat pasien. Adapun total pasien dalam pengawasan (PDP) terakhir di Yogyakarta tercatat 37 orang dengan hasil negatif 15 orang dan masih uji laboratorium 18 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper