Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CEO CIMB Group Jadi Menteri Keuangan Malaysia

Zafrul Aziz bakal menjadi mengeksekusi rencana pemberian stimulus senilai 20 miliar ringgit (US$4,8 miliar) untuk menangkal penurunan ekonomi lebih dalam akibat virus corona.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 09 Maret 2020  |  21:37 WIB
Siaran televisi menayangkan pengangkatan Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri kedelapan Malaysia oleh Raja Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (1/3/2020). - Bloomberg/Samsul Said
Siaran televisi menayangkan pengangkatan Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri kedelapan Malaysia oleh Raja Malaysia di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (1/3/2020). - Bloomberg/Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menunjuk Zafrul Aziz untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan di tengah tingginya ketidakpastian politik domestik dan melambatnya ekonomi global.

Zafrul Aziz bukanlah orang baru dalam dunia keuangan Malaysia karena sebelumnya dia merupakan Chief Executive Officer CIMB Group Holdings Bhd.

Pasca Mahathir Mohammad lengser dari kursi perdana menteri dan digantikan oleh Muhyiddin Yassin, Zafrul bakal menjadi mengeksekusi rencana pemberian stimulus senilai 20 miliar ringgit (US$4,8 miliar) untuk menangkal penurunan ekonomi lebih dalam akibat virus corona.

“Penunjukan Zafrul, dengan keahlian yang mendalam di sektor perbankan dan bukan karena motif politik, akan dilihat sebagai upaya Perdana Menteri Muhyiddin Yassin untuk memastikan kredibilitas fiskal,” kata Wellian Wiranto, ekonom Oversea-Chinese Banking Corp. di Singapura, dikutip dari Bloomberg, Senin (9/3/2020)

Menurutnya, hal itu diakuinya sebagai langkah positif, meski masih haru dilihat lagi sejauh mana kemampuan Zafrul dapat membalikkan keadaan di tengah penurunan harga minyak dunia.

Ringgit tercatat turun 1 persen menjadi 4,2165 per dolar, mengikuti pelemahan mata uang lainnya di dunia setelah harga minyak dunia terjerembab.

Berikut ini adalah susunan kabinet Muhyiddin Yassin :

  • Azmin Ali, mantan menteri ekonomi, saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan Internasional dan Industri
  • Ismail Sabri Yaakob sebagai Menteri Pertahanan
  • Fadillah Yusof sebagai Menteri Tenaga Kerja
  • Radzi Jidin sebagai Menteri Pendidikan
  • Wee Ka Siong sebagai Menteri Transportasi
  • Shamsul Anuar Nasarah Menteri Energi dan Sumber Daya Alam
  • Hishammuddin Hussein sebagai Menteri Luar Negeri
  • Adham Baba sebagai Menteri Kesehatan
  • Saifuddin Abdullah, mantan Menteri Luar Negeri, sebagai Menteri Komunikasi dan Multimedia
  • Mohd Khairuddin sebagai Menteri Komoditas dan Pertanian

 

 

    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia cimb group Muhyiddin Yassin

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top