Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahathir Mohamad Mundur, Wan Azizah Jadi Penggantinya?

Wan Azizah Wan Ismail adalah Deputi Perdana Menteri (PM) Malaysia dan istri dari Anwar Ibrahim.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  17:38 WIB
Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad (kedua kiri) dan Deputi PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail (kanan) melambaikan tangan di sela-sela perayaan 1 tahun pemerintahan koalisi Pakatan Harapan di Putrajaya, Malaysia, Kamis (9/5/2019). - Bloomberg/Samsul Said
Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad (kedua kiri) dan Deputi PM Malaysia Wan Azizah Wan Ismail (kanan) melambaikan tangan di sela-sela perayaan 1 tahun pemerintahan koalisi Pakatan Harapan di Putrajaya, Malaysia, Kamis (9/5/2019). - Bloomberg/Samsul Said

Bisnis.com, JAKARTA — Mundurnya Mahathir Mohamad dari posisi Perdana Menteri (PM) Malaysia memunculkan pertanyaan terkait siapa yang akan menggantikannya.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (24/2/2020), Mahathir telah menyerahkan surat pengunduran diri ke Raja Malaysia dan partai pengusungnya, yaitu Bersatu. Bersatu menegaskan bakal tetap mendukung Dr. M, panggilan akrab Mahathir.

Pemimpin berusia 94 tahun itu juga tetap mendapat sokongan dari sejumlah partai lain, termasuk Democratic Action Party, yang merupakan partai terbesar di parlemen. Partai tersebut sudah lama bekerja sama dengan Anwar Ibrahim, yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi pengganti Mahathir.

Pada hari yang sama, sebelum menyerahkan surat pengunduran diri, Mahathir terlebih dulu bertemu dengan Anwar.

"Dia menyampaikan dengan jelas dirinya tidak akan bekerja sama dengan mereka yang terkait dengan rezim terdahulu," papar Anwar usai pertemuan tersebut.

Dia melanjutkan Raja Malaysia akan menentukan apakah Wan Azizah Wan Ismail akan menjadi PM sementara. Wan Azizah merupakan istri Anwar dan sekarang menduduki posisi Deputi PM.

Meski demikian, masih belum diketahui dengan pasti apakah Wan Azizah bakal terus menjadi PM atau akan ada kabinet baru.

Bernama melaporkan Anwar dan Wan Azizah sudah bertemu dengan Raja Malaysia tak lama setelah kabar mundurnya Mahathir beredar. Kantor berita tersebut menyatakan bahwa mobil yang membawa keduanya terlihat meninggalkan Istana Negara pada pukul 15.15 waktu Kuala Lumpur, setelah menghabiskan waktu selama 40 menit di sana.

Pada Senin (24/2) pagi, Wan Azizah sempat mengunggah cuitan di akun Twitter resminya.

"Manusia merancang, Allah yang akan menentukan. Yakinlah bahwa Allah akan bersama dengan orang-orang yang sabar. InsyaAllah," demikian isi cuitannya.

Pengunduran diri Mahathir terkesan tiba-tiba karena sebelumnya Anwar mengatakan keduanya sudah sepaham bahwa pengunduran diri Mahathir akan berlangsung sekitar Mei 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

malaysia mahathir mohamad

Sumber : Bloomberg, Bernama

Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top