Sensus Penduduk Online 2020 Dimulai Hari Ini, Bagaimana Prosesnya?

BPS mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif mengikuti sensus penduduk online dengan mengakses laman sensus.bps.go.id.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 15 Februari 2020  |  09:26 WIB
Sensus Penduduk Online 2020 Dimulai Hari Ini, Bagaimana Prosesnya?
Sekretaris Utama BPS Adi Lumaksono menjelaskan soal Sensus Penduduk 2020 kepada milenial dan Gen-Z di Peluncurnan Sensus Penduduk 2020 Milenialz di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Sabtu (15/2/2020) - Bisnis / Wibi)

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pusat Statistik atau BPS menyelenggarakan sensus penduduk secara online pada 2020 dan dimulai pada hari ini. Bagaimana caranya?

Sekretaris Utama BPS Adi Lumaksono menjelaskan bahwa sensus penduduk merupakan gelaran yang berlangsung setiap 10 tahun. Sensus Penduduk (SP) Online 2020 merupakan penyelenggaraan ketujuh di Indonesia dan kali ini merupakan penyelenggaraan sensus pertama secara online.

Adi mengimbau masyarakat dapat berpartisipasi aktif mengikuti sensus dengan mengakses laman sensus.bps.go.id. Setelah itu, masyarakat perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) untuk memulai sensus secara online.

Adapun, dalam sensus tersebut masyarakat perlu mengisi sejumlah data pribadi, data keluarga, aset pribadi, beserta sejumlah data lain. Seluruh data tersebut dapat diisi di laman yang sama.

"SP Online 2020 dimulai pada hari ini, 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 pukul 23.59 WIB," ujar Adi dalam gelaran sosialisasi SP Online 2020, Sabtu (15/2/2020) di Jakarta.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sekitar 300 orang relawan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang akan mengikuti pelaksanaan sensus di Kantor Pusat BPS, Jakarta. Menurut Adi, para relawan dilibatkan karena generasi z dan milenial akan berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan SP Online 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bps, Sensus Penduduk

Editor : Hadijah Alaydrus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top