Yuk Ikut Sensus Penduduk 2020 Online! Ini Caranya

Sensus Penduduk Online akan berakhir pada 31 Maret 2020. Setelah tanggal ini, penduduk tidak lagi dapat mengisikan informasi kependudukannya melalui Sensus Penduduk Online. Namun pada bulan Juli 2020 akan ada petugas yang akan datang ke rumah untuk mendata.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  16:16 WIB
Yuk Ikut Sensus Penduduk 2020 Online! Ini Caranya
Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto menyampaikan pidato pembuka dalam acara Kick-Off Meeting persiapan sensus penduduk 2020, di Jakarta, Rabu (14/2/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan


Bisnis.com, JAKARTA - Sensus Penduduk 2020 adalah kegiatan penting yang akan dilaksanakan Indonesia pada tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Hajatan rutin tiap dasawarsa ini menjadi kunci terwujudnya satu data kependudukan Indonesia. Untuk pertama kalinya tahun ini, BPS akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) secara online.

Dengan metode baru ini, penduduk dapat mengisi informasinya secara mandiri melalui web sensus.bps.go.id

Berdasarkan pernyataan resmi BPS, Sensus Penduduk Online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari -31 Maret 2020.

Berikut ini langkah-langkah dan persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat :

1. Membuka situs Sensus Penduduk Online (sensus.bps.go.id) kemudian memasukan identitas (seperti NIK dan nomor KK). Situs dapat diakses pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020.

2. Menyiapkan KTP, KK, dan akte pernikahan/perceraian jika memiliki.

3. Seluruh anggota dalam daftar Kartu Keluarga (KK) dapat masuk dan mengisi Sensus Penduduk Online dengan menggunakan NIK masing-masing dan Password yang sama.

4. Isi kode yang tambah di bawah no.KK, lalu klik 'cek keberadaan'.

5. Buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu klik 'buat password' untuk pengamanan data yang sudah Anda catatakan pada SP Online.

6. Masukan kata sandi yang sudah dibuat, lalu klik 'masuk'.

7. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP online. Lalu klik 'mulai mengisi'.

8. Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar.

9. Setelah menjawab seluruh pertanyaan, pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga 'sudah update', lalu klik 'kirim'.

10. Jangan lupa unduh bukti pengisian sensus penduduk online dan selesai.


BPS mempersilakan Anda untuk menggunakan pasangan NIK dan KK dari anggota keluarga lain yang masih dalam satu KK. Namun, jika memang tidak ada data Anda, petugas SP 2020 akan mengunjungi Anda dalam SP2020 Wawancara pada bulan Juli 2020.

Sensus Penduduk Online akan berakhir pada 31 Maret 2020. Setelah tanggal ini, penduduk tidak lagi dapat mengisikan informasi kependudukannya melalui Sensus Penduduk Online. Namun pada bulan Juli 2020 akan ada petugas yang akan datang ke rumah untuk mendata.

Jika didalam pengisian, Anda tidak dapat memilih kategori pekerjaan, maka Anda dapat memilih kategori lainnya dan selanjutnya mengisikan nama, jenis, dan deskripsi pekerjaan Bapak/Ibu selengkap-lengkapnya pada kolom isian deskripsi pekerjaan di sistem.

BPS mengimbau agar masyarakat memberitahu kepada anggota keluarga yang pindah rumah atau alamat untuk mengisikan informasi terbaru melalui Sensus Penduduk Online.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bps, Sensus Penduduk

Editor : Hadijah Alaydrus
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top