Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemilihan Ketua Umum PAN: Asman Abnur Mundur, Drajat Bertahan

Bursa pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional diwarnai mundurnya salah satu kandidat. Mantan Menteri PAN-RB Asman Abnur menyatakan mundur dari kontestasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Februari 2020  |  17:05 WIB
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) berfoto bersama dengan Ketua Majelis Kehormatan Amien Rais (kiri), politikus PAN Hanafi Rais (kedua kiri), Asman Abnur (kanan), dan Mulfachri Harahap (kedua kanan) saat hadir pada acara Rakernas V PAN di Jakarta, membahas pelaksanaan Kongres PAN. - Antara
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengah) berfoto bersama dengan Ketua Majelis Kehormatan Amien Rais (kiri), politikus PAN Hanafi Rais (kedua kiri), Asman Abnur (kanan), dan Mulfachri Harahap (kedua kanan) saat hadir pada acara Rakernas V PAN di Jakarta, membahas pelaksanaan Kongres PAN. - Antara

Bisnis.com, KENDARI - Bursa pemilihan Ketua Umum Partai Amanat Nasional diwarnai mundurnya salah satu kandidat. Mantan Menteri PAN-RB Asman Abnur menyatakan mundur dari kontestasi.

Pernyataan Asman Abnur mundur dari pemilihan Ketua Umum DPP PAN periode 2020-2025 disampaikan oleh Ketua Steering Commitee atau panitia pengarah (SC) Kongres V PAN, Eddy Soeparno.

Eddy mengatakan bahwa Caketum Asman Abbur memutuskan untuk mundur dan tidak melanjutkan ke pemilihan ketua umum.

"Tadi sempat disampaikan oleh Pak Asman Abnur, salah seorang bakal calon. Beliau menyampaikan bahwa beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan dan beliau dalam hal ini mendukung Zulkifli Hasan," kata Eddy di Kendari, Selasa (11/2/2020).

Eddy tidak menyampaikan pertimbangan di balik keputusan yang telah diambil oleh Asman Abnur.

"Tapi saya kira Pak Asman mengambil keputusan yang bijak. Melihat kondisi yang sekarang berkembang sudah bisa terlihat, juga undangan memang sudah kurang lebih mengkristal saat ini siapa kira-kira yang kemudian diharapkan menjadi ketua umum PAN periode 2020-2025," ujar Eddy.

Tiga caketum lainnya, Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo dan Mulfachri Harahap tetap memutuskan maju sebagai ketum.

Asman Abnur, saat keluar dari ruang pemilihan, mengatakan dirinya mundur dari pemilihan ketua umum karena ingin menjaga kekompakan.

"Ya untuk menjaga kekompakan," ucapnya sambil bergegas masuk ke dalam lift hotel.

Drajat Ingin Jaga Demokrasi

Berbeda dengan Asman Abnur, politisi senior PAN Drajat Wibowo memilih tetap maju dalam bursa calon ketua umum PAN 2020-2025.

"Saya tetap maju untuk demokrasi di PAN, untuk menunjukkan bahwa demokrasi itu bisa lebih bagus," kata Drajat di arena Kongres PAN di Hotel Claro, Kendari, Selasa.

Dia mengatakan setelah Asman Abnur mundur dari bursa pencalonan caketum PAN maka calon yang tersisa hanya tiga yaitu Drajat Wibowo, Mulfachri Harahap, dan Zulkifli Hasan.

Drajat mengaku tidak tahu alasan Asman mundur dalam bursa pencalonan tersebut. "Alasannya, saya tidak tahu. Tanya Pak Asman," ujarnya.

Drajat mengatakan proses pemilihan dilakukan dengan sistem suara terbanyak sehingga siapa calon yang mendapatkan suara terbanyak maka langsung ditetapkan menjadi Ketum PAN 2020-2025.

Kongres V PAN diselenggarakan di hotel Clarion Kota Kendari, Provinsi Sukawrsi Tenggara. Sebelum dilaksanakan pemilihan, terjadi kericuhan di ruang sidang pleno. Beberapa peserta kongres mengalami luka-luka akibat terkena lemparan kursi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai amanat nasional

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top