Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Polda Metro Jaya Tangkap Otak Pembobol Rekening Ilham Bintang

Polda Metro Jaya menangkap otak pembobol rekening bank milik komisaris Ceknricek.com.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  13:00 WIB
Polda Metro Jaya meringkus 8 tersangka tindak pidana pencurian dan pembobolan bank milik Ilham Bintang, Rabu (5/2/2020). JIBI - Bisnis/Sholahuddin Al Ayyubi
Polda Metro Jaya meringkus 8 tersangka tindak pidana pencurian dan pembobolan bank milik Ilham Bintang, Rabu (5/2/2020). JIBI - Bisnis/Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menangkap delapan orang tersangka tindak pidana pencurian hingga pembobolan nomor kartu SIM ponsel dan rekening bank milik Ilham Bintang.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan delapan tersangka itu berinisial A, D, H, H, J, R, T dan W.

Para tersangka, menurut Yusri memiliki peran berbeda, seperti D yang merupakan otak di balik tindak pidana itu dan pelaku lainnya adalah turut serta membantu D.

"D kami tangkap di Palembang Sumatera Selatan. Dia adalah otak dari sindikat pembobolan bank ini," tuturnya, Rabu (5/2/2020).

Menurut Yusri, penyidik juga sempat menemukan senjata api dari kediaman tersangka D saat tengah melakukan penggeledahan di kediaman pelaku di Palembang, Sumatera Selatan.

"Ada senpi saat kami lakukan penangkapan itu, diduga milik pelaku D," katanya.

Yusri memastikan Polda Metro Jaya bakal terus mengembangkan perkara tersebut, setelah ada temuan fakta bahwa tersangka D juga memiliki sindikat yang sama di beberapa daerah lainnya di Indonesia.

"Jadi pelaku ini jaringannya tidak hanya ada di Jakarta saja ya, tetapi ada di daerah lain juga dan sudah ada korbannya," ujarnya.

Atas perbuatannya, delapan tersangka itu dijerat dengan Undang-Undang Pasal 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 363 dan 263 KUHP, serta Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun. 

 

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polda metro jaya pembobolan rekening
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top