Menko Polhukam Masih Kaji Pemulangan WNI Eks-ISIS

Mahfud MD menegaskan perlu ada dasar hukum ketika rencana pemulangan ini dijalankan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  17:28 WIB
Menko Polhukam Masih Kaji Pemulangan WNI Eks-ISIS
Seorang pria berseragam militer gurun dan berwajah Asia Tenggara (berdiri kedua dari kiri) terlihat dalam barisan algojo ISIS - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD masih mengkaji keputusan memulangkan WNI eks-ISIS dari Suriah.

Dia mengatakan ada beberapa hal yang mesti dikaji terkait pemulangan ini, salah satunya adalah psikologi isolasi yang berpotensi dihadapi WNI eks-ISIS ketika menghadapi masyarakat. Selain itu, perlu ada perencanaan terkait dengan deradikalisasi yang mesti dijalankan oleh WNI tersebut. 

“Gimana dengan penerjenunannya ke tengah masyarakat. Ketika kita bicara psikologi isolasi menghadapi sikap masyarakat, nanti kan bisa jadi masalah baru sehingga semua masih dianalisis,” katanya saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Rabu (5/1).

Dirinya telah membentuk tim khusus yang diketuai oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Diharapkan tim ini dapat segera merumuskan analisis terkait dengan rencana pemulangan WNI eks-ISIS. 

Dia menegaskan perlu ada dasar hukum ketika rencana pemulangan ini dijalankan. 

“Tapi sampai hari ini belum ada. Masih dianalisis baik buruknya apa. Bisa [dipulangkan] sih bisa. Pilihannya apakah dipulangkan atau tidak, karena ada mudharatnya juga,” ujarnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mahfud md, ISIS

Editor : Andhika Anggoro Wening
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top