BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis di Wilayah Selatan Indonesia

Dua bibit siklon tropis yaitu “91S” muncul di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur dan “92S” di Laut Arafuru sebelah selatan Tual.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 06 Januari 2020  |  00:28 WIB
BMKG Deteksi Dua Bibit Siklon Tropis di Wilayah Selatan Indonesia
Bibit siklon tropis terpantau di wilayah Selatan Indonesia - BMKG

Bisnis.com, JAKARTA - Dua bibit siklon tropis terdeteksi di wilayah Selatan Indonesia. Berdasarkan pantauan BMKG, dua bibit siklon tropis yaitu “91S” muncul di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur dan “92S” di Laut Arafuru sebelah selatan Tual.

Posisi kedua bibit siklon tropis yang berada dekat dengan wilayah Indonesia memberikan dampak pada kondisi cuaca maupun gelombang laut.

Bibit siklon tropis “91S” di Samudera Hindia lebih berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dibandingkan “92S” di Laut Arafura.

Menurut Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika R. Mulyono Rahadi Prabowo bibit siklon tropis ini memberikan dampak munculnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Kondisi perairan pun terdampak akibat bibit siklon tropis ini berupa gelombang laut dengan tinggi 2.5 – 4.0 meter di Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan P.Jawa hingga Selatan NTB, Perairan Selatan P.Sumba, Laut Sawu, Perairan P.Sabu dan P.Rote, Perairan Utara NTT, Laut Flores, Perairan Kep.Kai - Aru," tambahnya dalam keterangan tertulis diterima Minggu (5/1/2020).

Ditambahkan Mulyono bibit siklon tropis “91S” dalam satu hingga dua hari ke depan berpotensi tinggi menjadi siklon tropis namun bergerak ke selatan hingga barat daya, semakin menjauhi wilayah Indonesia.

"Musim siklon tropis" di wilayah sebelah selatan Indonesia biasanya terjadi pada bulan November – April. Bersamaan dengan periode musim hujan di Indonesia sehingga keberadaanya siklon tropis dapat meningkatkan intensitas curah hujan dan kecepatan angin," urai Mulyono.

Informasi bibit siklon tropis ini melengkapi informasi pada peringatan dini cuaca yang masih berlaku. Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui Call center 021-6546318, bisa juga dipantau di http://www.bmkg.go.id atau mengikuti akun twitter @infobmkg. Untuk aplikasi iOS dan android bisa mengakses "Info BMKG". Masyarakat juga dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
BMKG, info cuaca

Sumber : BMKG

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top