Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Biayai Kebakaran Hutan Amazon

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengklaim bahwa bintang Hollywood Leonardo DiCaprio telah membiayai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon, tanpa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengklaim bahwa bintang Hollywood Leonardo DiCaprio telah membiayai kebakaran yang terjadi di hutan hujan Amazon, tanpa menghadirkan bukti apa pun. 

Bolsonaro tampaknya mengomentari unggahan media sosial yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) membayar gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela. Hal itu kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk sumbangan US$500.000 dari DiCaprio.

Sementara itu, pihak WWF membantah telah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

“Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon, ”kata Bolsonaro pada hari Jumat dalam sambutan singkat di depan kediaman presiden, dikutip dari Reuters, Sabtu (30/11/2019).

Selain itu, DiCaprio juga membantah telah menyumbang ke WWF. Dalam sebuah pernyataan, aktor tersebut memuji orang-orang Brazil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka. Namun, dia mengatakan bahwa meskipun layak mendapat dukungan, dirinya tidak mendanai organisasi yang ditargetkan.

DiCaprio telah menjadi advokat atas nama memerangi perubahan iklim. Dia sering berbicara tentang masalah lingkungan termasuk kebakaran hutan Amazon. Yayasan Leonardo DiCaprio miliknya pun berfokus pada proyek-proyek yang melindungi satwa liar dan rentan dari kepunahan. 

Adapun, empat anggota organisasi non-pemerintah Alter do Chão Fire Brigade ditangkap pada hari Selasa dengan tuduhan sengaja membakar, mendokumentasikan dan menghidupkan lebih banyak sumbangan. M
Namun, mereka dibebaskan pada hari Kamis atas perintah hakim.

Politisi dan LSM lainnya juga dengan keras mengkritik penangkapan tersebut. Mereka mengatakan bahwa itu adalah bagian dari upaya bersama pemerintah Bolsonaro untuk melecehkan kelompok-kelompok lingkungan.

Sementara itu, para ilmuwan dan aktivis menyalahkan spekulan tanah, petani, dan peternak karena membuka lahan untuk penggunaan pertanian. Mereka menyampaikan bahwa penggundulan hutan diberanikan oleh retorika Bolsonaro dalam mempromosikan pembangunan dan pertanian atas pelestarian.

Hutan hujan Amazon dianggap sebagai benteng melawan perubahan iklim global. Bolsonaro pun telah berulang kali mengecam berbagai faksi dalam menyalahkan kebakaran hutan.

Dalam posting langsung Facebook pada 21 Agustus, dia mengatakan bahwa LSM akan pergi ke Amazon untuk membakar hutan. Ketika ditanya apakah dia memiliki bukti untuk mendukung klaimnya, Bolsonaro mengatakan, dia tidak memiliki rencana tertulis dan menambahkan.

Suatu hari kemudian dia mengakui bahwa petani bisa secara ilegal membakar hutan hujan, tetapi kira-kira sebulan kemudian dia menyerang media telah berbohong karena mengatakan bahwa hutan hujan sedang dihancurkan oleh kebakaran.

Bolsonaro berbicara tentang DiCaprio pada hari Kamis selama siaran web langsung. Dia mengatakan bahwa WWF membayar LSM pemadam kebakaran untuk mengambil gambar kebakaran hutan di Amazon

"Jadi apa yang dilakukan LSM? Apa hal termudah? Membakar hutan, ambil gambar, dan buat video. WWF melakukan kampanye melawan Brasil, menghubungi Leonardo DiCaprio, dan dia menyumbangkan US$500.000," ujarnya. 

“Sebagian dari itu ditujukan kepada orang-orang yang membakar. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil,” kata Bolsonaro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper