Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PPP Tak Permasalahkan Grasi Annas Maamun, Asal Sesuai Prosedur

PPP tak permasalahkan Presiden Joko Widodo memberikan grasi kepada mantan Gubernur Riau Annas Maamun sehingga vonis dikurangi dari tujuh tahun menjadi enam tahun penjara. Grasi diberikan karena Annas sudah tua dan sering sakit-sakitan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 27 November 2019  |  16:25 WIB
Sekjen PPP Arsul Sani - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
Sekjen PPP Arsul Sani - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo memberikan grasi kepada mantan Gubernur Riau Annas Maamun sehingga vonis dikurangi dari tujuh tahun menjadi enam tahun penjara. Grasi diberikan karena Annas sudah tua dan sering sakit-sakitan.

Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengatakan bahwa belum membaca langsung alasan pemberian grasi. Dia hanya tahu pertimbangan karena usia dan sering mengeluh sakit.

“Nah, jadi kalau alasannya seperti itu kan kemanusiaan. Dan memang kan grasi karena itu bagian dari hak konstitusional Presiden. Sepanjang prosedurnya dipenuhi ya tidak ada masalah,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Arsul menjelaskan bahwa bahwa grasi yang diberikan presiden sebagai upaya melemahkan pemberantasan korupsi.

“Sepanjang hal-hal yang lain sudah dipenuhi vonis itu, misalnya pembayaran uang pengganti dan lain sebagainya, ya itu kalau itu adalah alasan kemanusiaan ya tidak usah diributkan. Kecuali tidak ada alasan kemanusiaan,” jelasnya.

Annas adalah terpidana kasus korupsi alih fungsi lahan. Usianya yang sudah 78 tahun dan sering sakit-sakitan menjadi pertimbangan Presiden memberikan grasi berdasarkan keputusan presiden nomor 23/G tahun 2019. Pengurangan ditetapkan 25 Oktober lalu.

Dengan pengurangan satu tahun, Annas akan bisa menghirup udara bebas pada 3 Oktober 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK Grasi
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top