Menkes Terawan Minta Tim Nusantara Sehat Bantu Turunkan Stunting

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melepaskan batch XIV Tim Nusantara Sehat Tugas Khusus Individu Gelombang VIII angkatan XII dan XIII tahun 2019, di Gedung Siwabessy, Kemenkes, Jakarta pada Kamis (31/10/2019).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 03 November 2019  |  08:51 WIB
Menkes Terawan Minta Tim Nusantara Sehat Bantu Turunkan Stunting
Menkes Terawan Agus Putranto dan Tim Nusantara Sehat di Gedung Kemenkes pada Kamis (31/10 - 2019) malam / Dok. Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melepaskan batch XIV Tim Nusantara Sehat Tugas Khusus Individu Gelombang VIII angkatan XII dan XIII tahun 2019, di Gedung Siwabessy, Kemenkes, Jakarta pada Kamis (31/10/2019).

“Terima kasih telah menerima tugas amanah yang mulia ini, terima kasih telah menyelesaikan pembekalan dengan baik, penuh semangat, kesabaran dan ketekunan. Jadikanlah tugas ini sebagai pengalaman, dan jadilah tenaga kesehatan yang kuat, loyal, berintegritas dan dapat diandalkan oleh masyarakat,” ungkap Menkes Terawan dikutip dari siaran pers Kemenkes yang diterima Bisnis.com pada Minggu (2/11/2019).

Apresiasi juga diberikan atas terselenggaranya program Nusantara Sehat yang bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Puskesmas di Daerah Tertinggal, Pedalaman dan Kepulauan (DTPK) untuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Karenanya, kehadiran Nusantara Sehat diharapkan sebagai wujud nyata hadirnya negara dalam menyediakan layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Melalui Nusantara Sehat ini, adik-adik diharapkan dapat menjadi wakil Pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, yang mengutamakan pelayanan kesehatan promotif preventif dengan menggunakan pendekatan keluarga,’’ harap Menkes.

Menkes mengajak peserta Nusantara Sehat untuk bersama-sama menurunkan stunting, dengan harapan prevalensinya bisa diambang batas WHO yaitu 20 persen, bahkan Presiden Joko Widodo dalam 5 tahun ke depan menargetkan di bawah 16 persen. Untuk mencapai target tersebut, Menkes mendorong agar tugas tersebut dilaksanakan dengan hati yang ikhlas dan gembira.

“Jangan dianggap berat, namun tugas yang mulia yang diberikan kepada kita semua untuk membantu mengentaskan masyarakat kita dari ancaman stunting. Saudara-saudara semua kan sudah dibekali ilmu mengenai stunting, saya yakin karena ini program prioritas, jadi tolong diprioritaskan untuk menyukseskan program stunting dengan selalu bersinergi dengan aparat-aparat di daerah,” kata Menkes Terawan.

Lebih lanjut, Menkes menekankan bahwa tugas mulia tersebut merupakan kesempatan yang luar biasa sehingga harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan disambut dengan sukacita.

“Saya yakin ini tugas yang luar biasa, tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini. Kita syukuri dan saya harapkan tidak menjadi beban, justru suka cita. Justru hal yang menantang, pengalaman baru. Kami senantiasa mendukung apapun yang dibutuhkan. Program promotif preventif menjadi bekal di depan, untuk selalu mencegah penyakit serta memberikan edukasi kepada masyarakat terutama kasus-kasus stunting,” harap Menkes.

Menutup dialognya, Menkes mendoakan seluruh peserta Nusantara Sehat mendapat jodoh, mendapat kesejahteraan dan memperoleh cita-cita sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Selamat bertugas di Puskesmas penempatan masing-masing, dengan semangat yang tinggi dan doa dari kita semua semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemudahan, kelancaran dan keselamatan hingga selesai melaksanakan tugas,” pungkasnya.

Menkes Terawan melepas sebanyak 306 peserta Tenaga Nusantara Sehat Tim Batch XIV dan 57 peserta Nusantara Sehat Individu. Kementerian Kesehatan total mengirim 363 peserta yang terdiri dari Ahli Teknologi Laboratorium Medik, Bidan, Dokter Gigi, Dokter Umum, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Gizi, Tenaga Kesehatan Lingkungan, dan Tenaga Kesehatan Masyarakat.

Dengan dikirimnya 363 peserta, Kementerian Kesehatan tercatat telah mengirim peserta Nusantara Sehat sebanyak 990 peserta sepanjang 2019. Adapun rinciannya Batch 12 yang dikirim Mei 2019 dengan 282 peserta, Batch 13 dengan 402 peserta dan Batch 14 dengan 306 peserta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
terawan

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top