Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jusuf Kalla Sebut Fachrul Razi Sosok Militer Paham Agama

Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (JK) setuju dengan keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal (Purnawirawan) Fachrul Razi sebagai menteri agama.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  13:21 WIB
Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). - Antara
Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla (JK) setuju dengan keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Jenderal (Purnawirawan) Fachrul Razi sebagai menteri agama.

Menurut JK rekam jejak Fachrul di militer tidak menjadi masalah dengan posisinya saat ini.

"[Fachrul Razi] militer, tetapi mengerti agama. Tidak semua militer bisa menjadi menteri agama," katanya di kediaman pribadinya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

Dia menuturkan Fachrul memang lama menjadi pensiun dari jabatan sebagai Jenderal TNI, meski demikian JK yakin Fachrul paham agama dengan baik.

JK  menyebut mengenal Fachrul dengan baik saat di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemilik Kalla Group ini kerap menunaikan ibadah salat magrib berjamaah di Masjid Al Azhar.

"Dia [Fachrul Razi] bukan hanya jenderal, tetapi bisa khotbah. Jadi paham agama dengan baik," ujar JK sambil tersenyum.

Fachrul Razi lahir di Banda Aceh, Provinsi Aceh pada 26 Juli 1947. Dia merupakan lulusan Akademi Militer pada 1970. Dia dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dalam bidang infanteri.

Pria yang pensiun dari kedinasan pada tahun 2000 ini sempat berada di pemerintahan sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999.

Tak lama berselang, dia ditunjuk sebagai Wakil Panglima TNI selama satu tahun mulai 1999 - 2000 di bawah Presiden Abdul Rahman Wahid.

Namun, dia diberhentikan Gus Dur karena pemerintah saat itu menghilangkan jabatan Wakil Panglima TNI.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jusuf kalla Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top