5 Fakta Mengagumkan Istri Nadiem Makarim Franka Franklin

Pendiri Gojek Nadiem Makarim sontak menjadi pembicaraan publik karena masuk dalam calon menteri kabinet Joko Widodo – Ma’aruf Amin.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 21 Oktober 2019  |  22:36 WIB
5 Fakta Mengagumkan Istri Nadiem Makarim Franka Franklin
Nadiem Makarim dan istrinya Franka Franklin beserta anak mereka. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pendiri Gojek Nadiem Makarim sontak menjadi pembicaraan publik karena masuk dalam calon menteri kabinet Joko Widodo – Ma’aruf Amin.

Kehidupan pribadi pria berusia 35 tahun tersebut pun semakin menarik untuk disimak. Nadiem memiliki istri bernama Franka Franklin Makarim.

Berikut rangkuman 5 fakta Franka Franklin Makarim yang dihimpun oleh Bisnis.com.

1. Menempuh Pendidikan di luar negeri

Sama seperti Nadiem Makarim yang menempuh pendidikan di luar negeri yakni Harvard School of Business di Amerika Serikat, dikutip dari profil Linkedin-nya, Franka juga sempat mengenyam pendidikan di berbagai negara seperti Singapura, Inggris dan Belanda.

Franka diketahui pernah menuntut ilmu di Hogeschool Rotterdam, Belanda untuk jurusan International Business and Development. Ditambah lagi ia pernah menekuni bidang fashion marketing dengan menempuh pendidikan di Raffles Design Institute Singapura yang bekerjasama dengan Northumbria University, Inggris.

2. Pernah tergabung dalam organisasi sosial Indonesia Mengajar

Franka diketahui pernah tergabung dalam organisasi yang didirikan Anies Baswedan, Indonesia Mengajar pada tahun 2010. Pada saat itu ia bahkan sempat menjabat sebagai Specialist Communication Strategist.

Tergerak ingin memajukan pendidikan di Indonesia terkhususnya kawasan terpencil, Franka mengatakan saat tergabung dalam gerakan tersebut ia bertugas untuk mencari sponsor dan calon pengajar dari seluruh Indonesia.

3. Mengawali karir di agensi iklan

Dikutip dari situs linkedin-nya, Franka memulai karirnya pada tahun 2006 di sebuah agensi iklan bernama Tequilla di Singapura.

Setelah 1 tahun, ia mendapatkan kesempatan menjadi branding consultant di MakkiMakki dengan fokus pada bidang yang sama. 

Ketertarikannya pada dunia lifestyle mungkin mulai dipupuk setelah ia bergabung dengan outlet penjualan jam tangan mewah di Indonesia, Time International.

Lepas dari Time International, ia sempat bekerja di Kanmo Grup untuk brand Mothercare dan Early Learning Centre, serta menjadi chief marketing officer di Luxola.com yang kini sudah diakuisisi oleh Sephora.

Franka menghabiskan waktu hampir 3 tahun bergabung dengan online fashion brand ternama berrybenka.com dan menjabat posisi penting sebagai vice president merchandising & business development pada tahun 2017.

4. Menikah pada tahun 2014 dan memiliki anak

Nadiem dan Franka menikah pada tahun Juni 2014 di Bali. Konsep yang dipilih keduanya adalah wedding garden dengan batasan tamu undangan, sehingga membuat pernikahan mereka semakin intim dan sakral.

Dari pernikahan pasangan tersebut, hadirlah seorang anak perempuan bernama Solara Franklin Makarim yang jarang sekali terekspos di depan publik.

5. Pengusaha perhiasan

Bersama aktris Happy Salma dan Dewi Sri Luce, Franka memiliki usaha perhiasaan lokal yang awalnya berbasis di Bali bernama Tulola Jewelry. Butik penjualannya bertumbuh pesat dalam dua tahun terakhir sejak Franka bergabung dalam unit bisnis ini.

Berfokus pada penjualan perhiasaan untuk kebutuhan pernikahan, kini Tulola sudah memiliki dua butik di kawasan elite Jakarta yakni Plaza Senayan dan Kemang Raya.

Tulola juga berniat untuk berekspansi dengan membuka outlet di Plaza Indonesia dan diyakini sebagai butik Tulola terbesar hingga tahun ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Nadiem Makarim, Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top