Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR 27 SEPTEMBER: Daya Saing Digital RI Melesat, Harapan Baru dari Jokowi

Berita mengenai perkembangan bisnis teknologi dan kontroversi UU KPK menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (27/9/2019).

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai perkembangan bisnis teknologi dan kontroversi UU KPK menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Jumat (27/9/2019).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Daya Saing Digital RI Melesat. Posisi daya saing Indonesia di sektor digital melonjak signifikan selama tahun ini seiring dengan perkembangan pesat yang dicatatkan ekosistem bisnis rintisan di Tanah Air. Indonesia menjadi negara dengan peningkatan peringkat daya saing paling tinggi kedua setelah China pada 2019.

Berburu Big Caps. Harga saham sejumlah emiten big caps mengalami koreksi cukup dalam sepanjang tahun berjalan 2019. Hal ini membuat beberapa di antaranya layak dikoleksi seiring dengan valuasi yang menarik.

Pemerintah Terapkan Sistem Closed List. Omnibus law perizinan akan berbentuk closed list sehingga pemerintah daerah tidak dapat menambah jeniz izin maupun pungutan baru di luar yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat.

Sawit Siap Bangkit. Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di Eropa diproyeksikan naik menjadi US$570— US$620 per ton pada kuartal kedua tahun depan, karena stok menurun. James Fry, Kepala Konsultan Komoditas LMC International mengatakan harga CPO akan bereaksi terhadap dampak pemangkasan besar dalam penggunaan pupuk.

Wim Cycle Siap Melaju Kembali. Proses restrukturisasi utang PT Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries di bawah pengawasan pengadilan akhirnya selesai dengan homologasi perdamaian.

Harapan Baru dari Jokowi. Presiden Joko Widodo akhirnya mempertimbangkan untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Obligasi Kembali Marak. Aksi penerbitan obligasi oleh perusahaan pembiayaan kembali hidup pada kuartal III/2019. Kendati industri tengah melesu, minat pelaku usaha tidak surut untuk terus mencari dana.

Hati-hati Mengetat! Likuiditas perbankan tahun depan diprediksi akan lebih menantang. Otoritas diharap segera menyiapkan strategi mitigasi guna mengendalikan risiko kekeringan likuiditas.

Wae Sano & Jailolo Dapat US$80 Juta. Pemerintah menyiapkan dana senilai US$80 juta untuk pengeboran dua wilayah kerja panas bumi (WKP) yakni Wae Sano di Nusa Tenggara Timur dan Jailolo di Maluku Utara pada tahun depan.

3 Bandar Udara Siap Beroperasi. PT Angkasa Pura II (Persero) dalam waktu dekat akan mengoperasikan tiga bandara yang terletak di Tanjung Pandan, Bengkulu, dan Lampung, melalui skema Kerja Sama Pemanfaatan Aset Barang Milik Negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper