Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gempa Berkekuatan Magnitude 3,3 Guncang Ambon

Gempa berkekuatan Magnitude (M) 3,3 mengguncang wilayah Ambon menjelang Subuh Jumat (27/09/2019) tepatnya pukul 03.36 WIB.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 27 September 2019  |  06:09 WIB
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa berkekuatan Magnitude (M) 3,3 mengguncang wilayah Ambon menjelang Subuh Jumat  (27/09/2019)  tepatnya pukul 03.36 WIB.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) , gempa terjadi di kedalaman 10 km dengan titik koordinat 3,53 Lintang Selatan (LS) - 128,29 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa terpantau berada di darat 24 km Timur Laut Ambon. Gempa dirasakan (skala MMI): II Ambon.

Sampai sejauh ini belum diterima laporan adanya kerusakan dan korban jiwa menyusul gempa susulan ini.

Gempa ini merupakan susulan dari gempa sebelumnya yang mengakibatkan korban 20 jiwa. Gempa bermagnitude 6.8 mengguncang wilayah Maluku pada Kamis (26/9), pukul 06.46 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika merilis parameter gempa terjadi pada 40 km timur laut Ambon – Maluku dengan kedalaman 10 km. BMKG merilis tidak adanya potensi tsunami.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa bumi dirasakan di wilayah Ambon dan Kairatu pada skala intensitas V MMI, di Paso II-III MMI dan Banda II MMI. BMKG merilis bahwa berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Selanjutnya BMKG juga merilis terjadinya gempa susulan dengan parameter M 5.6. Gempa susulan tersebut terjadi pada pukul 07.39 WIB dengan parameter 18 km timur laut Ambon – Maluku dengan kedalaman 10 km.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan total korban meninggal dunia akibat Gempa Bumi Magnitudo 6.8  di Ambon Maluku tercatat sebanyak 20 orang.

BNPB mengimbau warga selalu waspada terhadap gempa-gempa susulan dan tidak terpancing dengan informasi palsu yang dapat menimbulkan kepanikan maupun ketakutan. Pastikan informasi resmi, seperti yang bersumber dari pemerintah daerah setempat dan BMKG.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa
Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top