Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Japek II Beroperasi, Jokowi Berharap Kemacetan Jakarta-Cikampek Berkurang

Tol Japek II Beroperasi, Jokowi Berharap Kemacetan Jakarta-Cikampek Berkurang
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 22 September 2019  |  22:20 WIB
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated. - Bisnis/Jasa Marga
Ilustrasi - Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated. - Bisnis/Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo berharap kemacetan panjang di sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek dapat berkurang jauh apabila jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) II telah beroperasi.

Jokowi menyatakan Japek II akan beroperasi pada akhir November 2019 dan bisa dilewati kendaraan para pemudik Natal dan tahun baru 2020. Saat ini, pekerjaan Japek II sudah mencapai 96,5 persen.

"Hari Senin besok (23/9/2019), uji beban menggunakan 16 truk dengan beban masing-masing 40 ton digelar di atas Japek II," kata Jokowi melalui akun resmi Facebook pada Minggu (22/9/2019).

Menurutnya, Japek II adalah jalan tol sekaligus jembatan terpanjang di Indonesia. Jalannya membentang sepanjang 36,4 kilometer, seluruhnya berupa konstruksi layang yang ditunjang 9.000 tiang pancang tepat di sebagian ruas Tol Jakarta-Cikampek, dari Cikunir hingga Karawang Barat.

Dalam unggahan itu, Jokowi bertanya apakah warga internet pernah menyusuri jalan darat Jakarta ke Bandung atau sebaliknya melalui jalan tol Cikampek hari-hari ini. Jokowi juga bertanya apakah mereka mengalami kemacetan.

"Ya, harap dimaklumi. Di jalur itu, lalu-lintas jalan tol agak terganggu oleh pekerjaan besar yang sedang kita laksanakan yakni pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dan kereta ringan LRT Jabodetabek," tulis akun resmi itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tol jakarta-cikampek jalan tol jakarta-cikampek (japek)
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top