Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan KPK Disahkan DPR, Firli: Kami Pegang Amanah

Dewan Perwakilan Rakyat telah mengesahkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan terpilih melalui rapat paripurna. Setelah ini nama mereka akan diserahkan ke presiden dan ditetapkan sebagai pimpinan terpilih.
 Firli Bahuri saat masih menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis  12 September 2019./Antara
Firli Bahuri saat masih menjalani uji kepatutan dan kelayakan di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 12 September 2019./Antara

Bisnis.com,  JAKARTA — Dewan Perwakilan Rakyat telah mengesahkan lima pimpinan Komisi Pemberantasan terpilih melalui rapat paripurna. Setelah ini nama mereka akan diserahkan ke presiden dan ditetapkan sebagai pimpinan terpilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPK) periode 2019—023 Firli Bahuri mengatakan setiap orang memiliki takdirnya masing-masing. Baginya, ini jadi tantangan tersendiri karena sudah dipilih jadi pimpinan lembaga antirasuah.

“Kebetulan sekarang kami berlima diberi mandat, amanah oleh Allah SWT dan tentu kami berlima akan memegang teguh amanah itu,” katanya setelah rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Firli menjelaskan bahwa kepemimpinan memiliki agenda dan tantangan terkait pemberantasan korupsi. Tentu ini perlu melibatkan semua pihak karena baginya tidak ada individu bisa lepas membebaskan korupsi.

“Dengan begitu seluruh pembangunan nasional bisa berjalan. Yang mana ini sebagaimana tujuan pembangunan kita pada alenia keempat Undang-Undang Dasar 1945,” jelasnya.

Di sisi lain, Firli menghormati upaya presiden dan DPR yang saat ini berupaya merevisi Undang-Undang nomor 30 tahun 2002. Ini karena Indonesia adalah negara hukum.

“Pimpinan KPK adalah pelaksana undang-undang. Pembuat undang-undang adalah hak legislatif melalui inisiatif DPR melalui kerjasama dengan pemerintah,” ucapnya.

Pada uji kelayakan dan kepatutan di Kompleks calon pimpinan KPK pekan lalu, lima orang terpilih selain Firli adalah Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper