10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi Senin Pekan Depan

Presiden Joko Widodo akan menerima daftar 10 orang calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (2/9/2019).
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 29 Agustus 2019  |  17:35 WIB
10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi Senin Pekan Depan
Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Panitia Seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Merdeka, Jakarta, beberapa waktu lalu. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo akan menerima daftar 10 orang calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (2/9/2019).

Ketua Tim Pansel KPK Yenti Garnasih mengatakan timnya akan menyerahkan daftar 10 orang calon pimpinan KPK yang lolos tahap terakhir yakni tes kesehatan serta wawancara dan uji publik kepada Presiden Jokowi.

"Senin jam 3 sore rencananya. Insyaallah kami diterima Presiden untuk menyerahkan 10 nama tersebut," ujarnya di Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (29/8/2019).

Dia menambahkan, timnya hanya akan menyerahkan nama-nama tersebut langsung kepada Presiden Jokowi dan tidak akan mengumumkannya kepada masyarakat.

"Pansel tidak mengumumkan sepanjang tidak diminta oleh Presiden," jelasnya.

Selanjutnya, kesepuluh capim KPK tersebut harus melalui tahapan uji kelayakan oleh DPR yang nantinya menghasilkan lima nama final.

Adapun, tim pansel KPK baru saja menyelesaikan tahapan wawancara dan uji publik terhadap 20 capim KPK yang berlangsung 27-29 Agustus 2019.

Sebelumnya, para kandidat juga telah melakukan tes kesehatan pada 26 Agustus 2019.

Setelah selesai melakukan serangkaian tes tahapan final, dia mengemukakan timnya akan menggelar rapat internal tertutup untuk menentukan 10 nama yang akan diserahkan kepada Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pansel KPK, seleksi capim kpk

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top