Seleksi Capim KPK: Polri Tegaskan hanya Beri Rekomendasi, tak Intervensi

Polri membantah telah mengintervensi panitia seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023 agar meloloskan anggota Polri yang tengah mengikuti tes seleksi.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  16:09 WIB
Seleksi Capim KPK: Polri Tegaskan hanya Beri Rekomendasi, tak Intervensi
Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/6/19). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Bisnis.com,  JAKARTA - Polri membantah telah mengintervensi panitia seleksi calon pimpinan KPK periode 2019-2023 agar meloloskan anggota Polri yang tengah mengikuti tes seleksi.
 
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengungkapkan bahwa panitia seleksi calon pimpinan KPK sudah bekerja maksimal dan professional serta tidak dapat diintervensi siapapun, untuk mendapatkan calon pimpinan KPK terbaik agar direkomendasikan ke Presiden Jokowi.
 
"Polri tidak bisa mengintervensi. Tidak benar itu jika ada isu kami mengintervensi. Panitia seleksi sudah bekerja transparan dan akuntabel mencari calon pimpinan KPK terbaik," tuturnya, Senin (26/8).
 
Menurut Dedi, secara institusi, Polri hanya dapat merekomendasikan sejumlah nama Perwira Tinggi (Pati) Polri terbaik untuk mengikuti proses seleksi tersebut. Namun, untuk hasil tes seleksi, Polri tidak bisa mengintervensi, namun hanya menyerahkan semua proses itu ke panitia seleksi calon pimpinan KPK.
 
"Mereka (anggota Polri) yang lolos itu hanya dapat rekomendasi untuk ikut seleksi. Hasilnya kan kami serahkan kepada Pansel," katanya.
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pansel KPK, seleksi capim kpk

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top