Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Pembahasan Formasi Kabinet Sudah Selesai

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sinyal bahwa pembahasan formasi kabinet mendatang sudah selesai dibicarakan.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 12 Juli 2019  |  13:36 WIB
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) memimpin rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Tengah, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) memimpin rapat terbatas tentang percepatan pembangunan Jawa Tengah, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (9/7/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi sinyal bahwa pembahasan formasi kabinet mendatang sudah selesai dibicarakan.

“Sudah. Sudah [komposisi kabinet]. [Blue print kabinet] sudah. Secepatnya [diumumkan],” katanya singkat seusai meninjau Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) di Jakarta Convention Center, Jumat (12/7/2019).

Ketika ditanya mengenai persentase menteri yang berasal dari profesional dengan partai politik, Jokowi mengungkapkan komposisinya diusahakan seimbang yakni 60 persen:40 persen atau 50 persen:50 persen.

Jokowi pun mengisyaratkan bahwa menteri-menteri di Kabinet Kerja saat ini juga bakal mengisi posisi menteri pada kabinet mendatang. Tak hanya itu, dia menegaskan formasi kabinetnya mendatang bakal diwarnai dengan anak muda.

“Saya minta dari partai juga ada yang muda. Ada dari profesional juga. Kalau tak ada dari partai ya kita cari sendiri. Profesional muda kan sekarang banyak banget,” ujar Jokowi.

Terkait dengan banyaknya partai politik yang meminta jatah menteri, Jokowi menyatakan tidak akan mempersoalkan hal itu. Tetapi, dia menekankan keputusan terakhir berada di tangannya.

“Ya gak pa pa mau minta 10, mau minta 11, mau minta 9. Kan ga pa pa wong minta saja,” tambahnya.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah partai politik mulai ketua partai dan pengurus partai seperti Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa Partai Nasdem, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bergantian menyambangi Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi partai politik kabinet kerja
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top