JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Tips Meninggalkan Rumah Tetap Aman Saat Mudik

Meningggalkan rumah dalam keadaan kosong saat melakukan perjalanan mudik sering menimbulkan kekhawatiran sendiri.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 05 Juni 2019  |  02:15 WIB

Bisnis.com, GIANYAR - Meningggalkan rumah dalam keadaan kosong saat melakukan perjalanan mudik sering menimbulkan kekhawatiran sendiri.

Perjalanan yang dilakukan pun kadang tidak sebentar. Agar rumah anda tetap aman ditinggalkan mudik, apa yang harus dilakukan? Berikut tip dari Tim Jelajah Bisnis:

1. Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Salah satu yang paling dikhawatirkan ketika meninggalkan rumah adalah kemalingan. Ingat membawa semua kunci dan kunci cadangan. Jika perlu, tambahkan kunci atau gembok tambahan untuk berjaga-jaga.

2. Jangan lupa mematikan lampu dan keran air. Jika tidak ingin meninggalkan rumah dengan keadaan gelap, anda bisa memasang lampu otomatis sehingga listrik juga tidak menjadi boros.

3. Jangan lupa mencabut semua stop kontak, termasuk AC, kipas angin, rice cooker, dan lainnya. Kebakaran juga sangat dikhawatirkan ketika meninggalkan rumah hanya karena lupa mencabut stop kontak. Agar tidak kejadian, jangan sampai lupa ya.

4. Simpanlah barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat tanah, dan lainnya di tempat yang aman. Anda juga bisa menyimpan di bank, tapi tentunya akan mengeluarkan biaya tambahan.

5. Sebagai keamanan tambahan, anda bisa memasang CCTV. Dengan memasang CCTV, keadaan rumah bisa dipantau kapan saja, bahkan dalam jarak jauh sekalipun.

6. Anda bisa menitipkan rumah ke kerabat terdekat atau ke tetangga yang bisa dipercaya selama anda melakukan perjalan mudik. Tapi, tetaplah menge ek kondisi rumah sebelum ditinggal pergi.

7. Jika memiliki hewan peliharaan dan tidak memungkinkan untuk anda bawa selama mudik, titiplah kepada kerabat terdekat atau ke tempat penitipan hewan. Anda pasti akan mengeluarkan uang tambahan jika menitipkannya ke tempat penitipan, tapi tidak usah khawatir, hewan peliharaan anda akan tetap dalam kondisi sehat dan terawat ketika anda kembali dari perjalanan mudik.

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top