Whatsapp, Facebook, Instagram Masih Sulit Diakses Hari Ini, Twitter Jadi Jagoan

Media sosial yang umum dipakai masyarakat Indonesia seperti facebook, instagram dan twitter masih sulit diakses pada Kamis (23/5/2019).
Ria Theresia Situmorang | 23 Mei 2019 09:25 WIB
Logo Twitter - Reuters/Kacper Pempel

Bisnis.com, JAKARTA - Media sosial yang umum dipakai masyarakat Indonesia seperti facebook, instagram dan twitter masih sulit diakses pada Kamis (23/5/2019). 

Hal ini sudah terjadi sejak Rabu (22/5/2019) siang saat aksi demo 22 Mei berlangsung di beberapa titik di wilayah Jakarta. 

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto sebelumnya menyatakan dalam konferensi persnya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Rabu (22/5/2019) gangguan media sosial akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (24/5/2019).

Wiranto menjelaskan kalau hal ini dilakukan untuk mengamankan Indonesia agar terbebas dari hoaks yang ramai beredar di tiga platform media sosial tersebut. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam siaran pers kominfo.go.id juga menyatakan pemerintah melakukan pembatasan sementara dan bertahap sebagian akses platform media sosial dan pesan instan. 

Konsekuensi pembatasan itu, menurut Rudiantara akan terjadi pelambatan akses, terutama untuk unggah dan unduh konten gambar dan video.

"Kita semua akan mengalami pelambatan akses download atau upload video," jelasnya.

Menurut Rudiantara, fitur yang dibatasi dan sementara tidak diaktifkan adalah fitur di media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter untuk gambar, foto dan video.

"Yang kita freeze-kan sementara yang tidak diaktifkan itu video, foto dan gambar. Karena secara psikologi video dan gambar itu bisa membangkitkan emosi," jelasnya.

Sementara itu, pantauan Bisnis.com, mengakses video dan gambar melalui plaftorm pesan instan Whatsapp dan media sosial Instagram dan Facebook memang memiliki kendala. Berbeda dengan jejaring media sosial Twitter. 

Twitter menjadi pilihan media sosial yang tepat untuk berbagi foto dan video selama beberapa jam belakangan ini, sehingga 'lalu lintas' unggahan teks, video singkat dan gambar Twitter menjadi sangat ramai hingga pagi ini. 

Sejauh ini, trending topic Twitter Indonesia juga banyak dihiasi oleh topik politik dan demo yang memang tengah ramai diperbincangkan masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
media sosial, wiranto, rudiantara, Aksi 22 Mei

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top