Pemilu Legislatif 2019 : Lolos ke DPR, Jubir BPN Andre Rosiade Akui Keluar Uang Banyak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mencantumkan perolehan suara Andre Rosiade mencapai 133.994 suara. Perolehan tersebut tertinggi di antara para caleg yang bercokol di Dapil Sumbar I dalam Pileg 2019.
Samdysara Saragih | 19 Mei 2019 14:58 WIB
Andre Rosiade. - Bisnis/Jaffry Prakoso

Kabar24.com, JAKARTA — Politisi Partai Gerindra Andre Rosiade tengah menanti penetapan dirinya sebagai anggota DPR terpilih dari Daerah Pemilihan Sumatra Barat I.

“Dapil saya alhamdulillah sudah di-rapat pleno-kan [KPU],” katanya dalam acara diskusi di Jakarta, Sabtu (18/5/2019).

Dalam rekapitulasi hasil penghitungan suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar mencantumkan perolehan suara Andre mencapai 133.994 suara. Perolehan tersebut tertinggi di antara para caleg yang bercokol di Dapil Sumbar I dalam Pileg 2019.

Sebanyak 70.579 suara Andre berasal dari tanah kelahirannya, Kota Padang. Di Ibu Kota Sumbar tersebut, dia mengukuhkan diri sebagai peraih suara terbanyak.

Selain Padang, alumnus Universitas Trisakti itu menghimpun suara signifikan di Kabupaten Dharmasraya. Sebanyak 20.862 pemilih di daerah tersebut mencoblos namanya.

Di Senayan, Andre berpeluang ditemani oleh petanaha Suir Syam yang mampu meraup 51.556 suara. Keduanya lolos karena Gerindra mengumpulkan 336.944 suara atau setara dengan dua kursi DPR hasil konversi metode Sainte Lague.

Andre mengaku menghabiskan miliaran rupiah selama kampanye Pileg 2019. Menurutnya, pengeluaran terbesar berasal dari pemasangan baliho di kabupaten/kota yang tercakup dalam Dapil Sumbar I.

“Untuk cetak alat peraga kampanye mahal,” ujar Andre.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
BPN, gerindra, Pemilu 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top