Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rahasia Sukses PKS Tak ‘Terjun Bebas’ dalam Pemilu 2019

Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai Partai Keadilan Sejahtera di Kota Surabaya, Jatim, konsisten dengan strategi kampanye "door to door" atau dari rumah ke rumah hingga babak akhir dan terbukti akhirnya tidak terjun bebas dalam dalam Pemilu 2019.
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)/ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, SURABAYA - Peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kota Surabaya, Jatim, konsisten dengan strategi kampanye "door to door" atau dari rumah ke rumah hingga babak akhir dan terbukti akhirnya tidak terjun bebas dalam dalam Pemilu 2019.

"PKS dan calegnya tanpa lelah dengan strategi 'door to door' konsisten hingga babak akhir," kata Surokim di Surabaya, Senin (13/5/2019).

Menurut dia, bertahannya PKS di Pemilu 2019 tidak lepas dari basis pemilih keluarga dakwah kalangan menengah yang utuh dan kian terbuka dan mulai tidak eksklusif.

Kendati secara tradisional basisnya PKS adalah keluarga Islam, tapi tetap bisa progresif masih bisa memberi harapan perubahan di tengah monotonnya aksi publik partai Islam yang lain seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Selain itu PKS juga konsisten memperkuat dakwah sosial sehingga bisa masuk ke konstituen bawah," kata Dosen Komunikasi Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini.

Isu elektoral yang diusung PKS memang tidak populer, tapi masuk akal dan lebih konkret khususnya Surat Izin Mengemudi (SIM) tanpa batas waktu dan bebas pajak bermotor.

Faktor terakhir, menurut Surokim, yang dinilai penting dan krusial karena kemampuan PKS menyediakan saksi hampir di semua TPS, sehingga suaranya terjaga relatif aman, dan sulit dimainkan atau dicuri.

Berdasarkan rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilu 2019 disebutkan suara sah partai politik dan calon anggota legislatif untuk PKS Kota Surabaya sebanyak 116.137 suara meliputi Dapil 1 mendapat 23.643 suara, Dapil 2 mendapat 21.904 suara, Dapil 3 mendapat 23.959 suara, Dapil 4 mendapat 24.013 suara dan Dapil 5 mendapat 22.618 suara.

Hasil suara PKS pada Pemilu 2019 tersebut naik dan melebihi suara Partai Golkar yang sama-sama memperoleh lima kursi. Dengan demikian, PKS meraih kursi ketiga Wakil Ketua DPRD Surabaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper