Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Diguncang Gempa 6,8 SR, Masyarakat Diminta Waspadai Pantai Morowali dan Banggai

Dua wilayah pantai yakni Morowali dan Banggai Kepulauan menjadi wilayah yang perlu diwaspadai seusai diguncang gempa hingga 6,8 SR.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -  Masyarakat diminta mewaspadai kawasan pantai di Kabupaten Morowali dan Kepulauan Banggai.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Dwikorita Karnawati usai Kabupaten Morowali dan Kepulauan Banggai diguncang gempa bumi.

"Meski tinggi muka air laut menjadi setengah meter di bibir pantai, perlu diwaspadai," kata Dwikorita dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Dwikorita mengatakan ketinggian air laut di kawasan Morowali-Banggai itu tidak masuk ke kawasan darat.

Menurut Dwikorita, dengan ketinggian setengah meter itu tetap diwaspadai di kawasan datar karena berpotensi terjadi terpaan air yang bisa memiliki kekuatan berlipat.

Dwikorita mengatakan dari berbagai catatan dapat terjadi kekuatan berlipat atau reamplifikasi saat air laut dapat mencapai ketinggian satu meter. Maka, meski setengah meter ketinggian air laut tetap harus diwaspadai.

"Dari berbagai catatan, ketinggian setengah meter ini jika ke area datar di pantai bisa lompat terjadi reamplifikasi. Ini cara bagaimana mengurangi risiko bencana, maksudnya ketinggian setengah meter tetap perlu disampaikan," kata dia.

Dwikorita mengimbau masyarakat agar tenang tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya.

"Pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal resmi yang terverifikasi Instagram/ Twitter @infoBMKG, website www.bmkg.go.id/gempabumi/gempabumi-terkini.bmkg atau inatews.bmkg.go.id dan bisa lewat aplikasi Android IOS wrs-bmkg dengan username: pemda, password: pemda-bmkg, bisa juga infobmkg," kata Dwikorita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper