Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanjak Kuning Keemasan Warnai Optimisme Prabowo di Pekanbaru

Prabowo menyatakan optimismenya untuk memenangkan Pilpres saat berkampanye di Pekanbaru, Riau.
Capres Prabowo Subianto saat berkampanye di Pekanbaru, Riau, Selasa (13/3/2019)./Istimewa
Capres Prabowo Subianto saat berkampanye di Pekanbaru, Riau, Selasa (13/3/2019)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Optimisme tersurat dari pernyataan Prabowo saat berkampanye di Pekanbaru, Riau.

Sambutan ribuan warga menjadi pemantik optimisme Prabowo untuk memenangkan Pilpres 2019.

Ribuan masyarakat Pekanvaru Riau tumpah ruah, menyambut Capres nomor 02 Prabowo Subianto tiba di Bumi Lancang Kuning, Rabu (13/02/2018).

Pernyataan pers Prabowo-Sandi menyebutkan ribuan masyarakat Riau tumpah ruah di jalan raya menyambut kedatangan Prabowo sejak pagi.

Masyarakat berdiri di sepanjang jalan dari bandara menuju Gelanggang Remaja Pekanbaru, Riau.

Sementara di dalam Gelanggang Remaja Pekanbaru, ribuan masyarakat yang didominasi emak-emak dan anak muda juga telah menunggu. Mereka melantunkan solawat badar dan yel-yel menyebut nama Prabowo.

Prabowo mengaku terkesan dengan sambutan masyarakat Riau. Menurutnya, wajah-wajah masyarakat Riau memancarkan optimisme dan kegembiraan menyambut perubahan.

"Luar biasa Pekanbaru ini. Luar biasa Riau ini. Semangatnya luar biasa. Apa lagi emak-emaknya," ujar Prabowo disambut tepuk tangan ribuan masyarakat.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lokasi, Prabowo tiba sekitar pukul 11.00 WIB dan langsung menuju ke GOR Remaja, yang lokasinya hanya sekitar 1,5 kilometer dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Di sana Prabowo diberi tanjak, atau ikat kepala khas negeri Melayu, dan Prabowo langsung mengenakannya.

Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dari arah bandara ke lokasi kampanye dipadati para pendukung Prabowo.

Setibanya di tempat acara, Prabowo mengaku optimistis akan menang di pemilu presiden 2019, pada 17 April mendatang.

"Kalau begini [ramainya pendukung], rasanya 17 April nanti menang, terima kasih karena sudah sabar dan ikhlas menunggu," kata Prabowo, Rabu (13/3/2019).

Tanjak yang diberikan kepada Prabowo dianggap lambang kewibawaan di kalangan masyarakat Melayu. Semakin tinggi dan kompleks bentuknya, menunjukkan semakin tinggi pula status sosial pemakainya.

Adapun tanjak yang diterima Prabowo adalah tanjak berwarna kuning keemasan.

"Terima kasih saya diberi tutup kepala kehormatan khas Riau. Ini sebuah kehormatan bagi saya," kata Prabowo.

Mengawali pidatonya, Prabowo lantas membaca selarik pantun untuk masyarakat Riau.

Menurutnya, kurang utama bila berbicara di depan masyarakat Melayu tanpa pantun.

"Bukan kacang sembarang kacang, kacang dibawa dari Mengkirau. Bukan datang sembarang datang, Prabowo datang karena cinta dengan rakyat Riau," ucap Prabowo yang langsung disambut gemuruh ribuan rakyat Riau.

Berdasar pernyataan Wapres Jusuf Kalla, seperti dikutip Tempo.co, Riau adalah salah satu daerah yang mayoritas warganya mendukung Prabowo.

Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jusuf Kalla alias JK pada 17 Desember 2018 menyebutkan masih ada beberapa daerah yang akan mendapatkan perhatian penuh jelang Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

Di daerah-daerah tersebut, suara dari pasangan Jokowi - Ma'ruf masih kalah dari pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Ada daerah yang perlu kami tingkatkan," kata JK usai menggelar pertemuan dengan dewan pengarah dan dewan penasihat di kediaman pribadinya di Jalan Brawijaya Nomor 6, Jakarta Selatan pada Senin malam, 17 Desember 2018.

Beberapa daerah yang dimaksud oleh JK adalah Jambi, Riau, dan Banten.

Tempo.co (18/12/2018)menyebutkan di Riau berdasarkan survei internal oleh tim pemenangan perolehan suara Jokowi - Ma'ruf baru mencapai 42%, atau kalah dari Prabowo - Sandiaga yang meraih 54% suara.

Sementara di Banten, hasil sigi internal kubu Jokowi - Ma'ruf menunjukkan pasangan ini hanya meraup 39% suara, kalah dari Prabowo - Sandiaga yang mencapai 58,7%. Di Jambi, suara untuk Jokowi pun diketahui tengah menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper