Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Kampung 'Kim Jong-nam' di Serang, Banten

Di kampung ini nama Kim Jong-nam, saudara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, begitu populer dan disebutkan warga dari berbagai tingkatan usia.
Kim Jong Nam, diduga tewas karena aksi intelijen Korut yang melibatkan Siti Aisyah dan Doan Thi Huong./Reuters
Kim Jong Nam, diduga tewas karena aksi intelijen Korut yang melibatkan Siti Aisyah dan Doan Thi Huong./Reuters

Bisnis.com, SERANG - Pernahkah Anda membayangkan sebuah kampung di Serang, Provinsi Banten memiliki nama Korea? Bisa jadi ini menjadi hal yang aneh. Namun, fakta yang ada, di sebuah kampung di Serang, Banten, nama Kim Jong-nam menjadi demikian populer.

Jadi, kalau suatu ketika kampung tersebut lebih dikenal sebagai kampung Kim Jong-nam, setidaknya hari ini Anda sudah mengetahui alasannya. 

Seperti ditulis Tempo.co, di kampung ini, Kim Jong-nam lebih populer daripada Jennie Blackpink ataupun nama-nama artis Korea lain yang sedang naik daun. Bahkan anak-anak kecil pun mengakrabi nama saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un itu.

"Kim Jong-nam, Kim Jong-nam," seru beberapa di antaranya sambil berlarian. Mereka mengaku tahu nama itu dari berita. "Kan ada di teve itu, yang dibunuh," kata Rudi, bocah laki-laki yang mengaku duduk di bangku kelas tiga sekolah dasar.

Aslinya, kampung ini bernama Kampung Rancasukur. Kampung tersebut berada di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten.

Kampung ini mendadak ramai oleh para wartawan termasuk Tempo pada Selasa, 12 Maret 2019. Sebabnya, kepulangan Siti Aisyah, TKI di Malaysia yang pernah dituntut karena membunuh Kim Jong-nam. Siti Aisyah dibebaskan pengadilan setelah jaksa mencabut tuntutannya Senin 11 Maret 2019.

Seorang anak lainnya yang sudah menginjak remaja bisa lebih fasih menjelaskan tentang Kim Jong-nam. Lalu saat ditanya mereka menyambut siapa pada hari itu dan kenapa selalu menyebut nama Kim Jong-nam, kompak anak-anak itu menjawab: Siti Aisyah.

Aisyah, sapaan Siti, tiba sekitar Pukul 21.30 WIB. Massa terdiri dari ratusan orang, sebagian wartawan, menyambutnya. Namun tak ada pernyataan yang disampaikannya dengan alasan kelelahan. Anggota keluarga bahkan belakangan menyebut Aisyah jatuh pingsan.

"Aisyah sangat lelah, jadi campur aduk antara senang karena bebas dan capek karena langsung terbang (-naik pesawat) setelah bebas," kata Indra Mutain, paman Siti Aisyah.

Seperti diketahui, Siti Aisyah terlibat dalam aksi yang menyebabkan kematian Kim Jong-nam di Malaysia. Diduga Aisyah dimanfaatkan intelijen Korea Utara untuk menghabisi Kim Jong-nam.

Bersama Siti Aisyah, Doan Thi Huong diadili di Malaysia setelah dituduh membunuh saudara tiri Kim Jong Un, Kim Jong-nam di bandara Kuala Lumpur pada 2017.

Doan Thi Huong dan Siti Aisyah menyangkal tuduhan pembunuhan Kim Jong-nam dan mengatakan mereka ditipu dan mengaku hanya ikut program reality show untuk menyemprotkan sesuatu ke wajah Nam, yang ternyata racun syaraf mematikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper