Hasil Survei LSI Cermin Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin?

Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin percaya diri bahwa dengan hasil survei tersebut, kemenangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 sudah semakin dekat.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 06 Maret 2019  |  06:31 WIB
Hasil Survei LSI Cermin Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin?
Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA — Hasil survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menampilkan bahwa elektabilitas pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf unggul semakin lebar dari pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf tercatat naik dari sebelumnya pada Januari sebesar 54,8%, kini menjadi 58,7% pada Februari. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandiaga justru menurun dari 31% pada Januari, menjadi 30,9% pada Februari 2019 dari basis suara nasional.

Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin percaya diri bahwa dengan hasil survei tersebut, kemenangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 sudah semakin dekat.

"Iya insyallah [kemenangan di depan mata]. Insyallah, insyallah," ungkap mantan Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU ini di kediamannya, Selasa (5/3/2019).

"Kalau nasional kan sudah hari ini positif. Kalau LSI hari ini sudah 58%-30% kan. Kalau [survei] PDIP 56%, internal PDIP. LSI lebih tinggi 58%-30% karena itu survei Aceh pun kira-kira pascasafari nanti itu akan berubah, saya kira itu," jelasnya.

Sebab itulah, kiai yang kini menginjak usia 75 tahun ini yakin, elektabilitasnya akan terus meningkat dengan menitikberatkan fokus kampanye di titik kekalahan pada Pilpres 2014, salah satunya Aceh.

"Saya kira dulu memang Pak Jokowi kalah [di Aceh] tetapi saya punya keyakinan sekarang ini bisa kita menangkan di sana. Karena apa? Karena memang pertama, Pak Jokowi-JK sudah banyak memberikan kontribusi untuk Aceh, [seperti] berbagai fasilitas pemerintah baik yang sifatnya pembangunan, infrastruktur juga pelayanan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan yang lain," jelas Ma'ruf.

"Yang kedua bahwa kepemimpinan nasional yang kita bangun ini Pak Jokowi dengan saya  memang kepempinan yang diharapkan oleh sebagaian besar bangsa Indonesia. Karena kan, ini mencerminkan kepemimpinan nasionalis dan Islam, ini pilar bangsa itu," ungkapnya.

PDI Perjuangan sebagai partai utama pengusung Jokowi-Ma'ruf pun akan melaksanakan safari politik mulai Rabu (6/3/2019) hingga Sabtu (9/3/2019) ke Aceh untuk menyamakan konsep cita-cita kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf dengan cita-cita masyarakat Aceh.

Dalam safari politik ini Ma'ruf menunjuk secara khusus Lukman Hakim, Wakil Ketua MUI untuk menemani tim kampanye. Selain itu, safari tersebut akan dimeriahkan pula oleh ustaz dan alim-ulama seperti Habib Sholeh, Ali Assegaf, dan KH Zainal Arifin.

"Nah, saya kira masyarakat Aceh itu memahami betul itu, karena itu nanti tim ini akan memberikan penjelasan-penjelasan lebih luas lagi kepada masyarakat Aceh supaya mereka tidak terprovokasi oleh pihak pihak yang memutar balik keadaan. Artinya, menghitamkan, menegatifkan pasangan Jokowi dengan saya ini," tutup Ma'ruf.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, Pilpres 2019, Ma'ruf Amin

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top