Survei LSI: Elektabilitas Gerindra di Kalangan Milenial Naik

Elektabilitas Partai Gerindra naik di kalangan pemilih milenial, atau yang berusia kurang dari 40 tahun.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 20 Februari 2019  |  17:13 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Elektabilitas Partai Gerindra naik di kalangan pemilih milenial, atau yang berusia kurang dari 40 tahun.

Selain Gerindra, kenaikan dukungan milenial juga dirasakan Partai Demokrat, NasDem, PKS, PPP, Hanura, Perindo, Garuda, dan PSI. Hasil itu terlihat di survei yang dilakukan LSI Denny JA pada 18-25 Januari 2019.

Berdasarkan hasil survei yang diterima Bisnis, elektabilitas Gerindra di kalangan milenial naik dari 14% pada Desember 2018 menjadi 16,2%.

Kenaikan itu tidak membuat Gerindra menjadi parpol yang terbanyak didukung milenial. PDIP masih menjadi partai yang mendapat dukungan terbesar milenial dengan elektabilitas 20,1%.

Meski masih menjadi juara di kalangan milenial, dukungan bagi PDIP turun dari Desember 2018. Saat itu, tercatat milenial yang memilih PDIP sebanyak 27,4 persen.

Penurunan dukungan bagi PDIP juga terjadi di kalangan pemilih berpenghasilan di bawah Rp2 juta per bulan. Tingkat keterpilihan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu turun dari 26% di Desember 2018 menjadi 22,8%.

Sementara, dukungan dari pemilih berpenghasilan rendah naik tipis bagi Gerindra. Pada Desember 2018, ada 12% pemilih wong cilik yang mendukung Gerindra. Kemudian, ada 12,9% pemilih wong cilik memilih partai pimpinan Prabowo Subianto itu pada Januari 2019.

Survei LSI Denny JA melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2.8%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lsi, Pilpres 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top