Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guyon Ma'ruf Amin Tanggapi Meme Bakal Pakai Peci Wi-fi dan Kacamata Laser saat Debat

Pascadebat putaran kedua, yang menghadapkan capres Jokowi dan Prabowo, muncul meme menggelitik di media sosial Twitter dan Facebook. Meme tersebut menggambarkan beberapa perlengkapan canggih yang akan digunakan cawapres 01 Ma'ruf Amin saat debat mendatang.
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin: Disindir akan gunakan peci wifi dan kacamata laser/ANTARA-Rivan Awal Lingga
Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin: Disindir akan gunakan peci wifi dan kacamata laser/ANTARA-Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menanggapi dengan kelakar meme yang menyebutkan dirinya akan menggunakan berbagai alat rahasia saat maju dalam debat.

Pascadebat putaran kedua, yang menghadapkan capres Jokowi dan Prabowo, muncul meme menggelitik di media sosial Twitter dan Facebook.

Meme tersebut menggambarkan beberapa perlengkapan canggih yang akan digunakan cawapres 01 Ma'ruf Amin saat debat mendatang.

Beberapa alat canggih tersebut seperti peci wi-fi untuk komunikasi rahasia dan kacamata laser.

Menanggapi sindiran tersebut, cawapres pendamping Jokowi ini menganggap orang-orang yang berpikiran semacam ini terlalu banyak menonton film bertema action.

Sebab, ujar Ma'ruf Amin, ia tak mungkin menggunakan benda-benda seperti yang digunakan karakter Ethan Hunt (yang diperankan aktor Tom Cruise) pada film Mission Impossible.

"Jangan-jangan mereka kebanyakan nonton film Mission Impossible itu. Saya kan Kiai, Kiai itu kan apa adanya saja dan tidak mungkin Pak Jokowi menggunakan yang begitu-begitu itu," papar Ma'ruf di Ponpes An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Selasa (19/2) seperti ditulis dalam keterangan resmi.

Mustasyar PBNU itu juga menegaskan tak mungkin capres nomor urut 01 Jokowi menggunakan alat bantu komunikasi berupa earpiece untuk membantu saat debat kedua. 

Kiai Ma'ruf juga berkelakar tak akan memasukkan alat canggih di songkok/kopiyah atau sarung dalam debat ketiga nanti.

"Gimana ya, kok saya diisukan pecinya dipakein apa gitu, kacamatanya, padahal saya enggak pernah begitu-begitu. Saya kan kiai, kiai itu kan apa adanya saja," sebut Ma'ruf.

Ditambahkan Ma'ruf, Jokowi sudah mengantongi semua data dan fakta. Selain itu, sebagai pengambil kebijakan, Jokowi tentu sudah hafal dengan kebijakan apa saja yang sudah diputuskannya. Jadi, tudingan Jokowi menggunakan earpiece dianggap Ma'ruf sebagai hal yang tak jelas.

"Enggak usah disuplai dari mana-mana, beliau sudah ngantongin. Saya sudah bilang kalau itu semua ada di dalam kepalanya Pak Jokowi. Kalau saya adanya di luar kepala saya," ujar Ma'ruf sambil tersenyum.

Debat putaran III dalam rangkaian Pilpres 2019 akan berlangsung pada 17 Maret 2019. Debat akan berlangsung di Hotel Sultan, Senayan dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Pada debat putaran ketiga ini Cawapres 01 Ma'ruf Amin akan berhadapan dengan Cawapres 02 Sandiaga S. Uno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper