Telibat Kecelakaan, Pangeran Philip Serahkan SIM ke Pihak Berwenang

Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip secara sukarela menyerahkan izin mengemudinya pada Sabtu (9/2/2019) setelah sempat terlibat insiden kecelakaan bulan lalu.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 10 Februari 2019  |  11:59 WIB
Telibat Kecelakaan, Pangeran Philip Serahkan SIM ke Pihak Berwenang
Pangeran Philip, Duke of Edinburgh - Alastair Grant via Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Suami Ratu Inggris, Pangeran Philip secara sukarela menyerahkan izin mengemudinya pada Sabtu (9/2/2019) setelah sempat terlibat insiden kecelakaan bulan lalu.

Pada Kamis (17/1), Philip yang sekarang berusia 97 tahun itu berhasil selamat tanpa luka ketika mobilnya terbalik setelah bertabrakan dengan mobil lain di sekitar kediaman kerajaan di Sandringham.

Pengemudi mobil yang bertabrakan dengannya, seorang perempuan berusia 28 tahun, mengalami luka di lutut sedangkan penumpangnya, seorang perempuan berusia 45 tahun, mengalami patah pergelangan tangan. Selain dua orang ini, mobil tersebut juga membawa bayi berusia 9 bulan.

Pangeran Philip yang mengaku tabrakan itu terjadi karena minimnya pencahayaan, juga sempat mendapat peringatan dari polisi setelah kedapatan tidak mengenakan sabuk pengaman ketika mengemudi. Peristiwa itu terjadi hanya berselang dua hari setelah kecelakaan.

"Setelah melalui pertimbangan yang hati-hati, Duke of Edinburgh memutuskan untuk menyerahkan surat izin mengemudinya secara sukarela," tulis istana kerajaan dalam sebuah pernyataan resmi sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (10/2/2019).

Penyerahan izin mengemudi itu dikonfimasi oleh Kepolisian Norfolk. Mereka mengatakan izin itu dikembalikan ke petugas kepolisian pada Sabtu waktu setempat dan akan ditindaklanjuti oleh otoritas perizinan Inggris, DVLA.

Pangeran Philip pensiun dari aktivitas publik pada 2017 meski ia kerap terlihat bersama Ratu Elizabeth dalam upacara resmi.

Tidak ada batasan usia bagi penduduk Inggris untuk berhenti mengemudi. Namun pengemudi di atas 70 tahun wajib memperbaharui surat izin mengemudi mereka setiap tiga tahun.

Pangeran Philip pernah mengemudikan kendaraan yang membawa mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama menuju Istana Windsor untuk makan siang ketika mereka melakukan kunjungan kenegaraan pada 2016.

"Saya tidak pernah diantar oleh Duke of Edinburgh, namun bisa saya sampaikan bahwa perjalanan itu berjalan mulus," komentar Obama saat itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pangeran philip, kerajaan inggris

Sumber : Reuters

Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top