Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mantan Kapolri Awaloedin Djamin Meninggal

Polri menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin. Awaloedin yang dikenal sebagai Bapak Satpam Indonesia, meninggal di RS Medistra, kamis (31/1/2019)
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Januari 2019  |  23:27 WIB
 Presiden Soeharto (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Letjen Polisi Awaloedin Djamin (kanan) saat pelantikannya sebagai Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Polisi Widodo Budidarmo di Istana Negara, Jakarta, (25/9/1978). - Antara
Presiden Soeharto (kiri) memberikan ucapan selamat kepada Letjen Polisi Awaloedin Djamin (kanan) saat pelantikannya sebagai Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Polisi Widodo Budidarmo di Istana Negara, Jakarta, (25/9/1978). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polri menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin. Awaloedin yang dikenal sebagai Bapak Satpam Indonesia, meninggal di RS Medistra, kamis (31/1/2019)

"Polri turut berduka yang mendalam atas meninggalnya Bapak Awaloedin," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Syahar Diantono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Syahar mengatakan Polri sangat kehilangan sosok Awaloedin karena jasa dan pengabdiannya yang besar untuk institusi Polri selama ini.

"Beliau turut berjasa sangat besar bagi Polri dan mengabdikan dirinya untuk Polri. Pemikiran-pemikiran beliau banyak disumbangkan untuk kemajuan Polri," katanya.

Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin lahir di Padang, Sumatra Barat, 26 September 1927.

Awaloedin pernah menjadi anggota DPR Gotong Royong pada 1964-1966.

Awaloedin pun dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Ampera pada era Presiden Soeharto pada tahun 1966-1967.

Pada 1970, pria asal Minang ini menjadi Direktur Lembaga Administrasi Negara. Selanjutnya, pada 1976, Awaloedin ditunjuk menjadi Duta Besar RI untuk Jerman Barat.

Awaloedin pun tercatat menjabat sebagai Kepala Kepolisian RI pada periode 1978-1982. Awaloedin juga didapuk sebagai Bapak Satpam Indonesia karena dia mempelopori lahirnya satpam.

Kisah pengabdian Awaloedin untuk Polri dan Indonesia akhirnya terhenti karena sakit yang dideritanya. Ia pun menghembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Jenazahnya akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Jumat (1/2/2019).

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian pun dijadwalkan menjadi inspektur dalam upacara penghormatan pemakaman Awaloedin.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi kapolri

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top