Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Debat Pilpres 2019 Putaran Pertama Diprediksi Berat untuk Jokowi dan Prabowo

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie memprediksi debat capres putaran pertama akan cukup berat karena kedua paslon akan menggunakan isu masa lalu dan saat ini.
Banner Debat Capres di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara
Banner Debat Capres di Hotel Bidakara, Jakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie memprediksi debat capres putaran pertama akan cukup berat karena kedua paslon, Jokowi dan Ma'ruf Amin, serta Prabowo-Sandiaga  Uno,  akan menggunakan isu masa lalu dan saat ini.

"Kedua capres bakal menggunakan isu past (masa lalu), present (saat ini) untuk menyerang lawan," kata Jerry melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Jerry memprediksi kubu petahana akan mempertanyakan pemecatan Prabowo serta dugaan keterlibatannya dalam kasus penculikan aktivis pasca reformasi 1998.

"Selain itu ada tiga isu besar HAM, yakni pelanggaran HAM berat masa lalu, serta pertanahan dan sumber daya alam," kata nya.

Sementara itu, dari kubu Prabowo diprediksi akan mempertanyakan kasus-kasus korupsi termasuk mega-korupsi Bank Century yang merugikan negara sebanyak Rp7,8 triliun, serta kasus Meikarta.

"Saya yakin ada para mafia raksasa yang ikut terlibat dalam skandal ini," ujar Jerry mengacu pada kasus-kasus korupsi tersebut.

Selain itu, Jerry mengatakan kasus BLBI, korupsi suap reklamasi di Jakarta Utara senilai Rp2 miliar, dan pembelian lahan RS Sumber Waras Rp191 miliar, juga diprediksi akan kembali diangkat.

Kasus-kasus tersebut akan dipolitisasi dan dipolarisasi oleh lawan politik, sehingga  petahana harus berhati-hati ketika memberikan sudut pandangnya.

Kendati demikian, Jerry mencatat dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo, KPK sudah menyelamatkan Rp1,5 triliun uang negara, 8.290 orang sudah dijadikan tersangka pungli, dan 5.070 OTT KPK dilakukan dengan total uang yang diamankan mencapai Rp320 miliar.

"Jadi Jokowi bisa dibilang sukses dalam penanganan korupsi, ini bisa dibilang pencapaian yang baik," tambah Jerry.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper