Gedung Putih Undang Vladimir Putin ke Washington

Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat John Bolton mengatakan Gedung Putih telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Washington. Tidak dijelaskan alasan AS mengundang pemimpin Rusia tersebut.
Rayful Mudassir | 26 Oktober 2018 17:13 WIB
Presiden AS Donald Trump (kiri) menerima bola sepak dari Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dalam konferensi pers bersama setelah keduanya bertemu membahas sejumlah isu di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7). - Reuters/Grigoriy Dukor

Bisnis.com, JAKARTA - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat John Bolton mengatakan Gedung Putih telah mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin ke Washington. Tidak dijelaskan alasan AS mengundang pemimpin Rusia tersebut.

Putin dan Presiden Amerika Donald Trump telah bertemu beberapa kali di sela-sela pertemuan multilateral. Akan tetapi keduanya hanya sekali bertemu secara bilateral pada konferensi tingkat tinggi (KTT) di ibu kota Finlandia, Juli lalu.

"Kami telah mengundang Presiden Putin ke Washington," kata Bolton seperti dilansir Reuters, Jumat (26/10/2018). Belum jelas apakah Putin telah menerima undangan itu.

Setelah pertemuan Helsinki tersebut, Trump dituduh oleh lawan dan bahkan beberapa anggota Partai Republik sendiri telah gagal membela pemimpin Rusia.

Reuters dalam laporannya menyebut topik Putin mengunjungi Amerika Serikat memiliki maksud tertentu. Badan-badan intelijen AS menuduh Rusia ikut campur dalam pemilihan presiden 2016 untuk membantu kemenangan Trump. Rusia menyangkal tuduhan tersebut.

Trump menanggapi tudingan itu dengan mengatakan adalah kepentingan AS untuk membangun hubungan kerja yang solid dengan Putin.

Sumber : Reuters

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top